oleh

DPK Mura Gelar Publikasi dan Sosialisasi Minat Baca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar kegiatan publikasi dan sosialisasi minat budaya baca, sebagai bentuk untuk menumbuhkan minat membaca.

Dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI Drs Renus Siboro serta Perwakilan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rosa Gitaria, Kepala DPK Kabupaten Musi Rawas Supriadi, serta peserta lomba bercerita sebanyak 60 orang yang terdiri dari Kepala SD, SMP, SMA lima orang, instansi terkait dan perguruan tinggi tujuh orang, pengurus TP PKK Kabupaten dua orang, Ketua TP PKK Kecamatan 14 orang, KUPT Pendidikan 14 orang dan komunitas baca dan perusahaan delapan orang.

Dalam kegiatan tersebut, sekaligus penyerahan piagam dan piala penghargaan bagi pemenang lomba perpustakaan tingkat SMA dan Kabupaten Musi Rawas dan juga peninjuan mobil perpustakaan.

“Kita sengaja melaksanakan kegiatan ini untuk menyambut hari kunjungan pustakawan dan Bulan Baca Nasional 2017. Dengan harapan kita semua dapat melahirkan komitmen serta mendorong minat baca bagi anak-anak, supaya bisa melahirkan generasi yang berkualitas,” kata Supriadi, Rabu (22/11).

Kemudian, lanjut Supriadi mengatakan kalau kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca.

Sementara itu, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti mengatakan kemajuan teknologi saat ini menjadi penghalang dalam menumbuhkan minat baca.

Bahkan, menurut Suwarti, kehadiran televisi dan audiovisual yang begitu cepat dan inovatif, dapat menyingkirkan tradisi membaca di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, fungsi perpustakaan perlu dioptimalkan, sehingga minat baca dapat ditumbuh kembangkan.

“Memperbanyak koleksi buku sehingga minat membaca dapat tumbuh dengan sendirinya,” tutup Suwarti. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita