oleh

DPAD Kota Lubuklinggau Adakan Kajian Ramadhan

SELAMA Ramadan 1439 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau memiliki banyak program dibidang keagamaan. Seperti setiap Jumat akan ada Safari Ramadan khusus untuk ASN di lingkungan Pemkot Lubuklinggau.

Bahkan ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kegiatan khususnya. Seperti kajian Ramadan diadakan Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (DPAD) Kota Lubuklinggau, setiap hari di Perpustakaan Daerah Jalan Garuda, Kelurahan Bandung Kiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kepala DPAD Kota Lubuklinggau, Hj Saleha mengatakan program ini perdana diadakan tahun ini. Kajian Islam yang dimaksud, mengenalkan sejarah-sejarah Islam kepada pengunjung khususnya pelajar disampaikan langsung oleh pegawai DPAD Kota Lubuklinggau.

Hj Saleha mengatakan selama Ramadhan biasanya pengunjung yang datang didominasi pelajar, baik tingkat SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa. Dengan jumlah pengunjung rata-rata 500 orang per hari.

DPAD Kota Lubuklinggau terus meningkatkan kualitas pelayanan, serta sarana dan prasarana. Sehingga pengunjung yang datang merasa nyaman. Untuk diketahui pengunjung Perpustakaan Kota Lubuklinggau sejak Januari-April 2018 sebanyak 53.853 orang.

Kedepan Perpustakaan Kota Lubuklinggau kan menyediakan layanan penitipan anak, permainan anak di ruang terbuka. Sedangkan kegiatan rutin yang dilakukan seperti, perpustakaan mobil keliling, menerima kunjangan dari anak-anak TK/PAUD dari Kota Lubuklinggau maupun kabupaten tetangga.

Sedangkan untuk program unggulannya yaitu i-Lubuklinggau dan layanan ruangan audio visual.

“Khusus untuk program layanan audio visual yaitu menyediakan media khusus untuk tujuan pendidikan, pengajaran, rekreasi, memotivasi pengguna agar lebih banyak memanfaatkan fasilitas perpustakaan, meningkatkan kualitas penyampaian informasi dan pesan pendidikan, meningkatkan daya ingat pengguna melalui bahan pustaka audiovisual di samping bahan bacaan,” jelasnya.

Saleha berharap melalui program ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan memenuhi kebutuhan mereka terkhusus para pelajar baik TK, SD, SMP dan SMA di Kota Lubuklinggau.

“Sekarang tinggal di manusianya itu sendiri mau atau tidak memanfaatkannya, tugas kita hanya menyediakan fasilitas dan memberikan pelayan yang baik kepada masyarakat,” ungkap Saleha. (CW01).

Rekomendasi Berita