oleh

Dorong Mahasiswa Jajal Bisnis Online

Modal Cekak, Untung Pasti

LINGGAU POS ONLINE, PELITA – Mahasiswa Kampus IAI Al-Azhaar terus dimotivasi untuk menjajal bisnis online. Peluang ini, kata Rektor IAI Al-Azhaar, Ust Zuhri, jangan sampai disepelekan.

“Dalam waktu dekat kami akan berikan pembekalan khusus kepada mahasiswa kami. Jadi mereka tidak hanya berpangku tangan dengan orang tua. Tapi punya semangat besar untuk mandiri. Caranya, dengan jadi wirausaha sejak dini. Salah satunya bisnis online,” terang Kandidat Doktor dari UIN Raden Fatah Palembang ini.

Menurutnya, banyak kelebihan yang bisa didapat dalam bisnis online.
Salah satunya, tidak butuh lapak berupa ruangan kios, berbeda dengan toko konvensional yang butuh menyediakan stok barang dalam jumlah banyak.

“Tidak butuh banyak modal. Penjualan juga bisa memanfaatkan jejaring sosial, blog dan fasilitas chatting gratis, cukup bermodal internet. Dan terhindar dari kerugian, sebab kita baru mendatangkan barang tersebut dari produsen jika ada pembeli yang berminat (by order,red),” jelas Ust Zuhri.

Meskipun bisa dijadikan usaha sampingan, Ust Zuhri juga memaparkan bisnis online juga berisiko.

“Tapi risikonya tidak besar. Asal transaksi dijalankan dengan jelas dan transparan. Dari teman-teman yang sudah menjalani bisnis ini, biasanya muncul komplain dari pembeli jika warna dan karakteristik barang tidak persis sesuai fotonya. Nah, ini bisa diminimalisir dengan asas kejujuran. Jadi bermuamalah cara Islam bisa diterapkan dalam bisnis online ini. Karena modal utamanya kepercayaan konsumen,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita