oleh

Dongeng Ampuh Bangkitkan Imajinasi Anak

Aktivitas Menyenangkan di TK Bunda PKK

LINGGAU POS ONLINE- Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan untuk mendekatkan emosional anak dan guru, maupun anak dan orang tuanya. Salah satunya melalui mendongeng.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

MENDONGENG salah satu media untuk mempererat jalinan komunikasi antara orang tua maupun guru pada anak-anak. Khususnya usia dini.

Hal itu dibenarkan Kepala TK Bunda PKK, Yoyoh Saadiah.

Oleh karena itu, anak didiknya sangat senang dan antusias jika pada kegiatan bercerita ataupun mendongeng.

“Nah, demi menyemangati kegiatan mendongeng sekaligus menambah wawasan anak-anak, terkadang kami mengundang langsung pendongeng dari luar,” ungkapnya, Jumat (9/8).

Dari kegiatan ini lanjutnya, keceriaan terlihat sekali di wajah anak-anak yang begitu antusias mendengarkan dongeng dari awal sampai akhir.

“Kegiatan mendongeng ini sangat bermanfaat, karena anak-anak dapat mengenal dongeng dan dari dongeng ini anak-anak akan lebih berani lagi mengekspresikan diri,” katanya.

Yoyoh juga mengatakan mendongeng bisa membangkitkan imajinasi anak-anak dan memicu daya kreativitas.

“Anak-anak pastinya senang berimajinasi. Imajinasi sangat penting bagi perkembangan daya pikir anak. Imajinasi akan membantu anak untuk berpikir kreatif . Imajinasi juga akan membuat anak terampil berkomunikasi dengan orang lain,” jelasnya.

Selain itu, dengan mendongeng juga dapat merangsang minat baca anak, sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan dan masih banyak lagi. (*)

Rekomendasi Berita