oleh

Doa Berbuka Puasa Lengkap dan 4 Keutamaan Membacanya

LINGGAUPOS.CO.ID-  Memasuki bulan Ramadhan umat Islam dari segala penjuru dunia tengah menjalankan kewajibannya yakni berpuasa. Selain menjadi kewajiban, puasa juga membawa keberkahan.

Sudah menjadi anjuran bagi umat Islam untuk berdoa sebelum berbuka puasa. Menurut M. Quraish Shihab dalam Wawasan Al Quran tentang Zikir dan Doa, doa melahirkan optimisme.

Ajakan berdoa merupakan ajaran pokok dalam agama Islam yang sudah dipraktikkan sejak zaman Nabi SAW dan para sahabatnya.

Doa Berbuka Puasa

Ada dua versi doa berbuka puasa yang bisa dilafadzkan oleh umat Islam. Pertama, sebagaimana diriwayatkan dalam HR. Bukhari & Muslim,

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Arab-latin: Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya:” Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Kedua, diriwayatkan dalam HR. Abu Daud, dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW ketika berbuka puasa mengucapkan:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Arab-latin: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

Keutamaan membaca doa berbuka puasa

1. Termasuk Doa yang Tidak Tertolak
Dikutip dari buku Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan karya Ahmad Sarwat Lc, membaca doa berbuka puasa memiliki berbagai keutamaan, salah satunya Allah SWT tidak akan menolak doanya.

Diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi, dari Abdullah bin Amr bin al-Ash berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:”Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan tertolak.”

2. Ungkapan Syukur Atas Nikmat Allah SWT
Dikutip dari situs Kemenag, membaca doa berbuka puasa merupakan sesuatu yang penting. Doa merupakan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

3. Waktu Menjelang Berbuka adalah Waktu Mustajab
Masih dalam situs yang sama, waktu sebelum berbuka puasa merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga dianjurkan bagi umat Islam untuk memanjatkan doa di waktu tersebut, termasuk doa berbuka puasa.
4. Merupakan Adab Sunnah Puasa
Maryam Kinanthi N dalam buku Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah, & Thibbun Nabawi menjelaskan, adab puasa dibagi menjadi dua, wajib dan sunnah. Menyegerakan berbuka dan membaca doa berbuka puasa merupakan adab sunnah dalam puasa.

Itu tadi doa berbuka puasa sebagaimana dalam hadits riwayat nabi beserta keutamaan membacanya. Jangan sampai lupa untuk membaca doa berbuka puasa ya sahabat hikmah!

Sumber: detik.com

 

Rekomendasi Berita