oleh

DLH Bersihkan TPS Ilegal

LUBUKLINGGAU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau terus mengangkut tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ilegal yang tersebar di dalam Kota Lubuklinggau. Berdasarkan pendataan DLH Kota Lubuklinggau, Kelurahan Megang dan Taba Pingin marak TPS ilegal.

Kepala DLH Kota Lubuklinggau, Herdawan didampingi Kabid Pengelolaan Sampah, Sodri mengatakan meningkatkan volume sampah disebabkan musim buah lokal.

“Megang dan Taba Pingin paling banyak TPS dan terjadi peningkatan volume sampah,” ungkap Sodri.

Diakui Sodri, bahkan pihaknya harus menggunakan alat berat untuk mengangkut sampah di TPS ilegal. Banyaknya TPS ilegal disebabkan minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah di TPS yang disediakan DLH Kota Lubuklinggau.

Salah satu ciri TPS yang memang dibangun Pemkot Lubuklinggau yaitu disediakan dump truk, hal ini untuk memudahkan petugas DLH mengangkut sampah.

“Mirisnya sudah ada dump truk masih saja buang sampah di luar,” ungkap Sodri.

Menurut Sodri, setiap harinya DLH Kota Lubuklinggau mengangkut 90 ton sampah, itupun hanya 70 persen dari jumlah semua sampah. 30 persen lainnya sudah diambil pemulung untuk dijual dan didaur ulang kembali. (nia)

Rekomendasi Berita