oleh

DKP Siapkan Dua Program Unggulan

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Tahun 2018 ini, Dinas Ketahanan Pagan (DKP) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), siapkan dua program unggulan. Itu diupayakan realisasinya untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara.

Kepala DKP Kabupaten Muratara, Titin Martini mengungkapkan tahun 2018 ini pihaknya siapkan dua program yakni Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUMP) dan program Kawasan Rumah Pagan Lestari (KRPL).

“Untuk PUPM itu sendiri nantinya dalam bentuk toko tani Indonesia sedangkan KRPL dalam bentuk pemanfaatan lahan perkarangan untuk ditanam dengan kebutuhan pokok seperti sayur – sayuran,” kata Titin Martini.

Untuk dua program unggulan tersebut nantinya akan diberikan  bantuan secara langsung, dan setelah diberikan bantuan nantinya akan diawasi langsung oleh pihak DKP Kabupaten Muratara dalam memantau perkembangannya.

“KRPL Kabupaten Muratara akan mendapat lima kelompok alokasi bantuan, bibit sayur-sayuran, sedangkan toko tani Indonesia. Dialokasikan bagi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan),” terangnya.

Menurutnya, ketahanan pangan diartikan sebagai terpenuhinya pangan dengan ketersediaan yang cukup, tersedia setiap saat di tengah masyarakat dan mudah diperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau.

” Sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah, tercapainya ketersediaan pangan yang cukup di tingkat masyarakat,” imbuhnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita