oleh

DKP Berikan Bantuan Peralatan ke KWT

LINGGAU POS ONLINE, TERUSAN – Upaya meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para usaha produktif rumah tangga tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) terus digalakan. Terbukti Pemkab Muratara melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memberikan bantuan peralatan berhubungan dengan jenis usaha masing-masing.

Pemberian pertama langsung diserahkan oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Titin Martini di dua desa. Yakni Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya dan Desa Maur Baru Kecamatan Rupit, Rabu (8/11).

Dalam sambutannya Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengatakan di Desa Terusan memiliki potensi kearifan lokal. Seperti sirup asli dari buah Jeruk sudah dikenal baik di Provinsi Sumatera Selatan, bahkan ke tingkat nasional. Di mana sudah dipamerkan pada kegiatan tingkat nasional di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.
Saat ini juga, ada usaha pembuatan tepung dari ubi gadung yang tentunya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya ibu-ibu kelompok tani.

Bantuan mesin ini merupakan motivasi agar para usaha pembuatan tepung ubi gadung tambah giat dan bersemangat dalam memproduksi makanan dari tanaman gadung.

“Mudah-mudahan dapat merangsang kelompok lain untuk kerja lebih baik lagi,” jelas Syarif Hidayat.

Ia menyampaikan agar masyarakat tidak melihat besaran bantuan tersebut, tapi lihatlah kepedulian pemerintah daerah dalam membantu masyarakat.

“Jangan lihat bentuk bantuan ini, tapi inilah bentuk kepedulian pemerintah daerah.

Begitu juga pada saat menyerahkan bantuan di Desa Maur Baru, dimana usaha pembuatan kue kerang diharapkan mampu memberikan pendapatan lebih kepada masyarakat pengusaha kue kerang.

“Bisa saja dilakukan kerja sama dengan OPD maupun desa lainnya agar pada saat rapat atau kegiatan mengonsumsi makanan atau snack dari hasil olahan makanan kue karang dari Desa Maur Baru. Dengan pola ini diharapkan mampu menghidupkan perekonomian masyarakat usaha produktif,” imbuhnya.

Ia berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan, agar terus memonitor dan membina usaha produktif seperti ini kalau bagus, kedepan lebih ditingkatkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muratara, Titin Martini mengungkapkan bantuan yang disalurkan bervariasi disesuaikan dengan usaha yang ada di masing-masing kecamatan.

“Alhamdulillah penyaluran bantuan kali ini langsung diserahkan oleh Bapak Bupati, selanjutnya akan kembali diberikan ke lima kecamatan lainnya seperti untuk Kecamatan Nibung dan Ulu Rawas berupa mesin pengering dan penggiling cabai yang masa bertahannya kurang lebih setahun.

Selanjutnya Kecamatan Rawas Ilir, berupa alat pemanggang kemplang (Kerupuk Panggang, red) yang tidak menggunakan arang. Tapi menggunakan gas. Kecamatan Karang Dapo berupa rak untuk jemur pundang dan peralatan untuk proses permentasi makanan rusip.

“Untuk Kecamatan Ulu Rawas selain mesin pengering dan penggiling cabai dibantu alat diberikan juga presto,”sebutnya.

Program ini berkelanjutan pada tahun-tahun selanjutnya, sesuai dengan target yakni ke seluruh desa.

“Selanjutnya setelah disalurkan kami akan melakukan pengawasan dan pembinaan, Mudah-mudahan bantuan peralatan sebagai stimulan bagi desa yang memproduksi jenis panganan tersebut dan mampu memberikan peningkatan perekonomian mereka,” harapnya.

Camat Karang Jaya, Walhadi S menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kelompok tani wanita untuk lebih berinovasi sehingga perekonomian dapat meningkat.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita