oleh

Djokovic dan Halep Unggulan Teratas

Australian Open 2019

MELBOURNE– Tinggal menghitung hari, pagelaran Australian Open 2019 akan segera dimulai. Ajang tur pembuka musim Grand Slam 2019 itu dipastikan bakal mulai digelar pada 14 hingga 27 Januari 2019, mendatang di Melbourne.

Sebelum turnamen tenis tahunan itu dimulai, panitia pelaksana telah mengumumkan daftar unggulan pada Kamis (10/01) waktu setempat.

Seperti dilansir ESPNFC, Novak Djokovic dan Simona Halep menempati posisi teratas di daftar unggulan Australian Open 2019. Ya, mereka menjai unggulan perama di sektor tunggal putra dan putri.

Bagi Djokovic yang merupakan petnis putra nomor satu dunia, gelaran seri pertama grand slam di tahun ini menjadi momen penting. Di usianya yang sudah memasuki 31 tahun, petenis asal Serbia itu ingin meraih gelar ketujuhnya di Melbourne Park.

Hal itu sama dengan Roger Federer yang sama ingin memburu gelar ketujuh tersebut. Namun, Federer yang menjadi jaura bertahan Australian Open itu berada diunggulkan ketiga setelah Rafael Nadal.

Meski demikian, Federer memiliki bekal meyakinkan menuju Australian Open 2019. Di mana, ia baru saja menjadi juara Hopman Cup dengan selalu menang straigt set. Akan tetapi, hal itu tak membuat dirinya jumawa, bahkan ia mengatakan bahwa Djokovic adalah pemain yang menjadi unggulan pertama meraih gelar juara Australian Open.

“Tak perlu diragukan lagi. Saya pikir dia (Djokovic) menjadi kandidat kuat juara (Australian Open),” kata Federer seperti dikutip The Sydney Morning Herald.

“Dia tampil sanat luar biasa selama lima atau enam tahun belakangan ini. Dengan performa yang ia miliki, pastinya ia akan sulit untuk dikalahkan jika menemukan permainannya,” sambungnya.

Akan tetapi, Djokovic tidak memiliki modal posisitf menjelang penampilannya di Australian Open 2019. Tercatat, dari tiga kompetisi terakhir yang ia jalani, Djokovic tidak pernah merasakan gelar juara.

Bahkan, terakhir ia gagal menembus babak final Qatar Exxonmobil Open, setelah kalah dari Roberto Bautista Agut bermain selama tiga set di babak semifinal. Namun, bagi Djokovic hal itu bukan-lah tolak ukur dirinya akan tampil buruk di Australian Open 2019.

“Ini yang saya cari, dari turnamen seperti itu. Memainkan sebanyak mungkin pertandingan (turnamen) dan bersiap untuk menuju Australian Open,” tutur Djokovic beberap waktu lalu.

Sementara itu di bagian putri, Halep akan mencoba peruntungannya setelah tahun lalu berhasil angkat trofi.

Sayangnya upaya petenis asal Rumania itu untuk mempertahankan gelar ini sedikit terganggu menyusul hasil buruk di Sydney International yang jadi ajang pemanasan semua petenis sebelum berlaga di Australian Open.

Ya, petenis nomor satu dunia itu gagal memetik hasil memuaskan dalam comeback-nya selepas cedera. Dalam Sydney International itu Halep dikalahkan petenis Australia, Ashleigh Barty, pada putaran kedua, Rabu (9/1) kemarin dengan 3-6, 6-4 dan 6-1.

Bagi Barty yang menjadi unggulan kesebelas Australian Open 2019, kemenangannya atas Halep terbilang sangat istimewa.

“Akhirnya saya bisa belajar dari pengalam. Dia (Halep) memberikan pelajaran. Saya banyak belajar, dan hal itu membuat saya tidak menyerah dan memikirkan untuk memanfaatkan kesempatan,” ungkap Barty seperti dikutip Reuters.

“Paling terpenting adalah, saya percaya bahwa saya mampu menang. Kami berdua di lapangan yang sama. Sangat bahagia bisa mengeluarkan kemampuan,” sambung petenis berusia 22 tahun itu.

Di sisi lain, salah satu calon yang seelumnya digadang-gadang menjadi calon kuat untuk meraih gelar juara Australian Open 2019, Serena Williams justru berada di posisi 16 dalam daftar unggulan.

Petenis Amerika berusia 37 tahun yang pernah mengatakan dirinya hampir mati setelah melahirkan putrinya Olympia pada September 2017 itu kalah dari petenis Denmark, Caroline Wozniacki yang menempati posisi tiga daftar unggulan. (gie/fin/wsa)

Berikut daftar unggulan Australian Open 2019
Tunggal Putra
1. Novak Djokovic
2. Rafael Nadal
3. Roger Federer
4, Alexander Zverev
5. Kevin Anderson
6. Marin Cilic
7. Dominic Thiem
8. Kei Nishikori
9. John Isner
10. Karen Khachanov
11. Borna Coric
12. Fabio Fognini
13. Kyle Edmund
14. Stefanos Tsitsipas
15. Daniil Medvedev
16. Milos Raonic
17. Marco Cecchinato
18. Diego Schwartzman
19. Nikoloz Basilashvili
20. Grigor Dimitrov
21. David Goffin
22. Roberto Agut Bautista
23. Pablo Carreno Busta
24. Hyeon Chung
25. Denis Shapovalov
26. Fernando Verdasco
27. Alex de Minaur
28. Lucas Pouille
29. Gilles Simon
30. Gael Monfils
31. Steve Johnson
32. Philipp Kohlschreiber

Tunggal Putri
1. Simon Halep
2. Angelique Kerber
3. Caroline Wozniacki
4. Naomi Osaka
5. Sloane Stephens
6. Elina Svitolina
7. Karolina Pliskova
8. Petra Kvitova
9. Kiki Bertens
10. Daria Kasatkina
11. Aryna Sabalenka
12. Elise Mertens
13. Anastasija Sevastova
14. Julia Goerges
15. Ashleigh Barty
16. Serena Williams
17. Madison Keys
18. Garbine Muguruza
19. Caroline Garcia
20. Anett Kontaveit
21. Qiang Wang
22. Jelena Ostapenko
23. Carla Suarez Navarro
24. Lesia Tsurenko
25. Mihaela Buzarnescu
26. Dominika Cibulkova
27. Camila Giorgi
28. Hsieh Suwei
29. Donna Vekic
30. Maria Sharapova
31. Petra Martic
32. Barbora Strycova

Rekomendasi Berita