oleh

Ditusuk 50 Jarum Tapi Tak Sakit

Tak Berefek Samping, Akupuntur Jadi Pilihan

Akupuntur, menjadi salah satu pengobatan alternatif yang banyak peminatnya. Di Kota Lubuklinggau, pasien yang memilih pengobatan jenis ini, kerap menyambangi Klinik Bersalin Azmura.

Laporan Daulat, Taba Jemekeh

ERA modern, sulit untuk percaya kalau pengobatan alternatif malah terbukti sangat efisien sebagai jalan untuk sehat. Salah satunya adalah akupuntur, terapi tradisional asal Tiongkok yang dikenal ada sejak 3.500 tahun lalu.

Di Kota Lubuklinggau, salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan terapi akupunktur adalah Klinik Bersalin Azmura. Tepatnya di Jalan Gedang, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Rabu (6/12) sore, saya berkesempatan membincangi Pimpinan Klinik Bersalin Azmura, dr Yenny Suzanti.

Ia menjelaskan, bahwa akupuntur adalah bentuk pengobatan tradisional dari Tiongkok yang melibatkan penusukan kepada area tertentu pada tubuh dengan jarum tipis yang tajam.

Tujuannya untuk mengaktifkan aliran Chi yang disebut meridian. Banyak yang percaya kalau metode ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit serta meredakan nyeri.

“Meskipun pengobatan akupunktur menggunakan jarum sebagai media penyembuhan, faktanya hal tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit pada pasien. Sebab jarum yang dipakai sangatlah kecil dan fleksibel bahkan sebagian setipis helai rambut,” ungkapYenny.

Proses pengobatan dengan akupuntur melibatkan penggunaan jarum yang sangat tipis. Minimal 20 jarum dan maksimum 50 jarum, tubuh kita ditusuk di beberapa titik sebagai langkah pengobatan.

“Jumlah jarum untuk pengobatan akupunktur tak sembarangan karena, bergantung pada penyakit apa yang sedang idap. Kalau seharusnya jumlah jarum yang di tusuk yaitu 360 titik. Tapi tergantung dengan penyakitnya. Penusukan dengan jarum akupuntur ini merangsang sistem saraf untuk mengeluarkan zat-zat kimia pada otot, saraf tulang belakang, hingga otak,”tuturnya

Sesi pengobatan lewat akupuntur biasanya berlangsung selama satu jam, dan waktu pengobatannya sekitar dua kali satu minggu tergantung dengan penyakit yang diderita.

“Pasien cukup berbaring di tempat tidur sambil mendengarkan musik lembut agar menciptakan suasana santai,berbagai teknik juga ditambahkan untuk meningkatkan pengobatan penyakit dan jika seorang pasien merasa sensasi tersengat listrik, berarti sudah ada indikasi penyembuhan dari penyakit,” bebernya

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh akupunktur yaitu,tangan keram, stroke, rematik, mengaktifkan saraf, dan sakit maag, dan berbagai rasa sakit dan nyeri lainnya.

“Tidak seperti obat modern, akupuntur tidak mempunyai efek samping. Bahkan tubuh anda akan merasa rileks, tidur nyenyak, stres berkurang dan membuat pencernaan Anda menjadi lebih lancar,” jelasnya

Ukuran jarum yang ditusuk pada tubuh pasien itu berbagai jenis jarum, tergantung dengan penyakit dan postur tubuh seorang pasien gemuk atau kurusnya. Ada jarum berukuran kecil, sedang, dan besar.

Sejak tujuh tahun lalu, dr Yenny melayani pengobatan dengan akupuntur ini.

“Setiap hari bisa sampai 10 orang yang mau akupuntur. Bukan dari Lubuklinggau saja. Ada dari Musi Rawas, Curup, Rejang Lebong, dan Muratara. Untuk biaya pengobatannya kami menerima program BPJS Kesehatan,” jelasnya

Untuk melayani banyaknya pasien itu, Klinik Bersalin Azmura dibantu dua perawat. Seorang bidan dan seorang dokter. Buka layanan 12 jam,” tutupnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita