oleh

Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Bersertifikat

Keunikan Ribang Kemambang

Dari sekian banyak destinasi wisata alam di Kabupaten Lahat, baru satu destinasi telah mengantongi sertifikat, yakni Taman Wisata Ribang Kemambang.

Laporan Edwin Agustian, Lahat

Kabar itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Lahat, Sri Mulyati melalui Kabid Objek Wisata, Sayidina Amin, Selasa (5/12).

“Legalitas atas lahan yang menjadi lokasi destinasi atau objek wisata merupakan syarat mutlak sebagai jaminan untuk mendapatkan dana Bantuan Gubernur (Bangub). Dimana, untuk per-destinasi atau per objek wisata akan mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp.2 miliar,” jelasnya.

“Itulah menjadi kendala kita. Jadi, dana Bangub pun tidak bisa dieksekusi lantaran terkendala sertifikasi lahan,” katanya menyayangkan rendahnya kesadaran pemilik lahan.

Disamping mendapat dana Bangub, dengan adanya legalitas lahan, pihaknya juga dapat mengupayakan bantuan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dalam rangka memaksimalkan pengelolaan atas destinasi atau objek wisata yang ada.

“Kalau ada legalitas kan enak kita mengajukannya ke pusat. Ibarat pengendara, kalau surat menyuratnya lengkap, kita lebih percaya diri biarpun harus melalui pemeriksaan petugas lalu lintas. Demikian pula saat kita ke Kementerian,” jelasnya.

Karenanya, Amin mengimbau agar warga pemilik lahan yang menjadi lokasi destinasi ataupun objek wisata untuk segera mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) atas lahan mereka.

“Kalau wisatanya maju kan akan berdampak positif bagi warga sekitar, salah satunya ekonomi kreatif setempat,” imbuhnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita