oleh

Ditemukan Peralatan Masak

Pondok di Tengah Ladang Ganja

Penemuan ladang ganja seluas 0,5 Hektare (Ha) di perbatasan hutan lindung dengan Desa Karang Pinang, Kecamatan SBU sudah lama. Terlihat pondok dilengkapi dengan peralatan masak.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi didampingi Kasat Narkoba, Iptu Sampson Sosa Hutapea mengakui ada pondok lengkap dengan perlengkapan masak ditemukan di sekitar ladang ganja.

Pemilik pondok diyakini milik tersangka saat ini masih dalam pengejaran petugas. Saat itu kondisi pondok kosong. Diduga baru saja ditinggalkan pemiliknya karena mengetahui kedatangan Polisi.

“Ada pondok lengkap dengan perlengkapan masak kemungkinan besar pondok itu dihuni pemilik ladang ganja,” tegas kapolres.

Meski tidak berhasil ditangkap, namun petugas masih mencari informasi siapa pemilik pondok dan ladang ganja dengan ditemukan 101 batang ganja siap panen dan satu karung ganja kering siap jual.

Masih menurut kapolres, kemungkinan lokasi di kawasan itu sudah lama menjadi ladang ganja. Namun, warga yang mengetahui takut untuk memberikan informasi.

“Mungkin masyarakat takut melapor,” paparnya.

Ditambahkan Kasat Narkoba, Iptu Samspon Sosa Hutapea, untuk menuju lokasi ladang ganja, personel harus berjalan kaki menaiki bukti dan jalanan terjal sekitar 4 sampai 5 jam.

“Kita mulai jalan kaki dari jalan di sekitar desa sampai ke lokasi sekitar 4-5 jam,” jelas Kasat.

Dalam perjalanan, kata Kasat, memang banyak ditemukan pondok-pondok warga.

“Di setiap pondok itu ada hewan peliharaan anjing, jadi terus menggonggong dan sinyal di sana cukup kuat, jadi kemungkinan kedatangan kita sudah dipantau oleh pemilik ladang ganja,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya temuan ladang ganja ini masyarakat diminta berperan aktif. Agar melaporkan. Sebagai antisipasi penanaman ganja yang menjadi salah satu terjadinya tindak kriminalitas.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita