oleh

Ditantang Tamat SD Hafal 30 Juz Alquran

Masagus HA Fauzan Yayan
“Karena tidak ada kunci terbaik dalam hidup ini selain membaca Alquran, salat dan infaq. Kalau mau sukses dagang, sukses belajar, sukses dapat jodoh yang diridhoi Allah SWT, ya tiga itu kuncinya ..”

LINGGAU POS ONLINE, PASAR PEMIRI – Idealnya, selama SD seorang anak harus fasih tahsin dan tahfidz 30 Juz Alquran, SMP sudah mengerti terjemah Alquran, SMA sederajat seseorang mulai memahami tafsir, S1 dan S2 mulai mengkaji ilmu dan S3 sudah mampu merumuskan. Namun, nyatanya belum banyak orang tua maupun sekolah memiliki target pendidikan yang demikian.

Hal itu disampaikan Penggerak Lebih dari 300 Rumah Tahfidz di Sumatera Selatan, Masagus HA Fauzan Yayan dalam kegiatan Lubuklinggau Menghafal “Membumikan Alquran Melangitkan Manusia’ di Masjid Agung As-Salam, Sabtu (9/12).

Ia juga mengingatkan, ada baiknya orang tua dan guru mulai konsisten. Jika ingin melahirkan generasi Rabbani, murid SD kalau belum hafal Alquran, jangan dipaksa belajar yang lain.

“Situasi di Indonesia, khususnya Sumsel ini anak baru mau hafalan Alquran, diminta hafalan Hadits juga, belum ditambahin les Calistung. Ya jelas terbebani si anak,” terangnya.

Kenapa Alquran penting?

“Karena pondasi pendidikan yang pertama itu Alquran, kalau dia hafal 30 Juz Alquran seperti dia menghafal 30 Juz Bahasa Arab. Kalau cita-cita kita mau anak berhati mulia, ajarkan dengan Alquran. Besarnya insya Allah akan bersama Alquran,” ungkap bapak yang kerap dipanggil Ust Yayan ini.

Ia termasuk prihatin, karena SDIT-SDIT yang ada saat ini belum berani untuk menjamin. Bahwa keluar dari SDIT tersebut anak hafal 30 Juz Alquran. Maksimal baru berani mematok dua juz.

“Maka dibutuhkan niat khusus dan motivasi. Yakinlah, siapapun bisa menghafalkan Alquran. Apalagi jelas, menghafalkan Alquran itu tabungan pahala. Pahalanya dihitung per huruf,” terangnya.

Bahkan untuk menyentuh hati anak spesial need pun akan sangat ampuh dengan pendekatan Alquran.

“Metode menghafalnya, bisa dicoba dengan One Day One Ayat, lalu One Day Lima Ayat, dan seterusnya. Ini butuh keistiqomahan dan keseriusan,” imbuhnya.

Karena dengan menghafal Alquran ini, insya Allah akan menjadi jalan bagi kita untuk meraih barokah dalam hidup.

“Karena tidak ada kunci terbaik dalam hidup ini selain membaca Alquran, salat dan infaq. Kalau mau sukses dagang, sukses belajar, sukses dapat jodoh yang diridhoi Allah SWT, ya tiga itu kuncinya,” tutur suami dari Umi Cholifah ini.

Acara yang dihadiri Asisten I Setda Kota Lubuklinggau H Ibnu Amin ini juga menghadirkan Ustadzah Rai Siregar. Ia menjelaskan tentang teknik menghafal Alquran dengan metode gerak.

“Ini salah satu cara termudah agar anak lekas menghafal Alquran. Bagi anak yang tuna rungu wicara pun sangat pas menggunakan metode ini,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita