oleh

Disperindagkop Beri Penghargaan Koperasi Berprestasi

KOPERASI yang dianggap berprestasi, Rabu (20/12) mendapat penghargaan dari Dinas Perdagangan, Industri, dan Koperasi (Disperindagkop).

Kadisperindagkop Kabupaten Muratara, H Syamsu Anwar menjelaskan, penghargaan ini diberikan pada koperasi dinilai berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi para anggotanya.

Ini juga sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dan H Devi Suhartoni yakni Mewujudkan Kabupaten Muratara yang Makmur Aman Cerdas dan Bermartabat.

Tentu sejalan dengan tujuan koperasi secara skup kecil yakni menyejahterakan atau memakmurkan masyarakat khususnya pada anggotanya.

“Kepada ketiga koperasi yang terpilih sebagai koperasi yang berprestasi dan sehat, kami mengucapkan selamat dan teruslah berkarya untuk kemajuan serta menjadi percontohan bagi koperasi lainnya,” kata dia.

Menurutnya, Untuk jumlah Koperasi di wilayah Kabupaten Muratara sebanyak 319 koperasi. Sementara yang aktif yakni sebanyak 189 koperasi atau 60 %. Sementara selebihnya tidak aktif atau tidak beraktivitas.

Untuk itu akan dilakukan pembinaan agar dapat kembali aktif bekerja sama untuk kemajuan daerah Kabupaten Muratara sebagaimana diharapkan agar Kabupaten Muratara bidan meraih penghargaan sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi.

“Bagi koperasi yang tidak aktif dan seperti tidak mengadakan Rapat Akhir Tahun (RAT), begitu juga Koperasi yang masih beralamat di Kabupaten Musi Rawas diharapkan untuk mengubah alamat di Kabupaten Muratara. Paling lambat tanggal 1 Januari 2018 mendatang, apabila tidak maka akan dilakukan langkah konkret yakni sanksi,” tegasnya.

Adapun koperasi yang berprestasi tersebut yakni, Koperasi Unit Desa Karya Mulya SP7, Kecamatan Nibung, Koperasi Tahu Asih Desa Setia Marga Kecamatan Karang Dapo, Koperasi Pemura Desa Bina Karya Kecamatan Karang Dapo.

Sementara itu, Ketua Koperasi Tuhu Asih Desa Setia Marga Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Muratara, H Ajat Sudrajat yang memperoleh juara kedua mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan oleh Pemkab Muratara dalam hal ini Disperindagkop Kabupaten Muratara.

Menurutnya, Koperasi Tuhu Asih sudah beranggotakan 625 orang, dengan kegiatan Simpang pinjam, jasa jual beli buah bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari RSPO. Sehingga mampu memberikan Pajak atas pembelian TBS, dalam satu bulan Rp 300 hingga Rp 500 juta

“Mudah-mudahan, penghargaan ini sebagai motivasi agar lebih baik kedepannya. Khususnya bagi anggota untuk lebih semangat dalam menjalankan aktivitas koperasi,” ungkapnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita