oleh

Disnaker Keluarkan 1.461 Lembar AK1

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Penerimaan CPNSD, dan Job Fair 2018 menjadi salah satu penyebab tingginya pembuatan Kartu Kuning atau Antar Kerja Satu (AK1). Dari Januari hingga September 2018 sudah 1.461 lembar AK1 dikeluarkan, sedangkan selama September 2018 sudah 338 lembar.

Selain CPNSD penerimaan karyawan di perusahaan swasta juga mewajibkan Pencari Kerja (Pencaker) melampirkan AK1, dalam melamar pekerjaan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau, H Purnomo kepada wartawan Linggau Pos, Selasa (25/9) mengatakan pembuatan AK1 juga sebagai acuan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dalam mendata angka pengangguran.

“AK1 data untuk menyusun program-program mengurangi pengangguran,” kata Purnomo.

Ditambahkan Purnomo, dalam penerimaan CPNSD AK1 merupakan syarat wajib pasca dinyatakan lulus seleksi atau untuk kelengkapan berkas. Namun, tidak hanya CPNSD, Pencaker juga berniat mengikuti Job Fair pada 10-11 Oktober 2019 mendatang.

Akan ada 30 perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair 2018, baik perusahaan perdagangan maupun jasa. Hingga saat ini lebih kurang ada 50 perusahaan yang berniat bergabung dalam kegiatan Job Fair 2018, namun tim Disnaker Kota Lubuklinggau akan menyeleksi perusahaan yang benar-benar berkomitmen untuk menjalankan aturan yang dikeluarkan Pemkot Lubuklinggau.

“Kuotanya hanya untuk 30 perusahaan, jadi saat ini diseleksi terlebih dahulu,” tegas Purnomo.(nia)

Rekomendasi Berita