oleh

Diskominfo Sumsel Bentuk KIM Daerah

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan kunjungan ke Kantor Diskominfo Kota Lubuklinggau, Senin (28/01). Kunjungan ini dalam rangka percepatan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Lubuklinggau.

Kepala Seksi Pengelola Informasi Sumber Daya Publik Diskominfo Sumsel, Hj Aminah menjelaskan, KIM merupakan mitra dalam penyebaran informasi pemerintah ke masyarakat luas. KIM juga dapat diberdayakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat yang belum terpublikasi dengan masif.

Keanggotaan KIM berasal dari unsur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat.

“Contohnya di Lubuklinggau ada masyarakat yang melakukan home industri, tetapi baru di seputar rumahnya saja. Dengan KIM bisa diekspos ke masyarakat luas, bahkan ke luar provinsi dan luar negara,” katanya.

Menurutnya, hingga saat ini masih ada empat kabupaten dan kota yang belum membentuk KIM di daerahnya dengan alasan masing-masing. Keempatnya yaitu Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara, dan PALI.

“Kita harap paling lambat awal Februari KIM sudah dapat dibentuk di sini, karena nanti sinkronisasinya juga bisa dengan program langsung dari Kementerian Kominfo,” jelasnya.

Kedatangan Diskominfo Sumsel ini disambut langsung Sekretaris Diskominfo Lubuklinggau, Adi Irawan. Adi menyambut baik rencana pembentukan KIM dan akan segera menjalankan program tersebut. Ia juga menjelaskan sejumlah kegiatan kerja Diskominfo Kota Lubuklinggau tahun 2019.

“Yang paling utama kami mendukung visi Walikota Lubuklinggau untuk mewujudkan SMart City. Tahun ini juga kami akan memberikan smartphone Android bagi RT, Kelurahan, dan Kecamatan untuk pelaporan kinerjanya,” katanya. (rls)

Rekomendasi Berita