oleh

Diskominfo Lubuklinggau Adakan Bimtek Jurnalistik

DINAS Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Lubuklinggau bekerja sama dengan Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara (Muratara). Lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh wartawan se-Kota Lubuklinggau dengan tema “Peranan Pers Dalam Menjaga Profesionalisme, Netralitas dan Independensi untuk Menghadapi Pilkada 2018”.

Bimtek tersebut digelar di Bandiklat Kota Lubuklinggau, Kelurahan Pelita Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kamis (14/12). Acara ini, dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

Kadiskominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengatakan tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang informasi dan komunikasi, dengan menjadikan pers sebagai sarana pendidikan politik bagi masyarakat.

“Sebagai pilar demokrasi pers harus independen dan bertanggung jawab, menjaga marwah demokrasi,” kata Erwin Armeidi.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan kalau Pilkada harus berjalan dengan baik dan benar, dan memang dirinya telah bertekad pada Pilkada serentak 2018 mendatang, penyelenggaraan Pilkada di Lubuklinggau jadi yang terbaik se-Indonesia.

Menurut dia, itu bukan hal yang mustahil dan memang nama Kota Lubuklinggau sudah cukup familier di tingkat nasional, sebab Kejaksaan Negeri Lubuklinggau dan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara, pernah menyabet juara satu terbaik ditingkat nasional.

“Artinya, tidak berlebihan bila kita mencanangkan target yang lumayan tinggi tersebut. Tapi, untuk mencapai target itu dibutuhkan peran serta semua pihak, termasuk peran dari para wartawan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat,” kata Nanan.

Sebab, dilanjutkannya guna menyabet predikat terbaik se-Indonesia tersebut, selain pelaksanaan berjalan tertib dan lancar atau zero konflik, tingkat partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya harus di atas 80 % dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi, butuh peran serta dari seluruh media untuk menyosialisasikan setiap tahapan yang tengah berjalan, sehingga masyarakat dapat paham dan menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita