oleh

Dishub Wajibkan Uji KIR, Al Azhar : Kita Siapkan SE Bupati

“…Kalau kita sudah keluarkan edaran masih dilanggar, maka akan kita tindak, sanksinya kena tilang karena kedepan kita akan kerja sama dengan pihak kepolisian…”

* Kepala Dishub Muratara, Al Azhar

LINGGAU POS ONLINE- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), kedepan akan mewajibkan setiap kendaraan untuk melakukan uji KIR. Bahkan uji KIR, diwajibkan dilakukan di Kantor Dishub Muratara.

Kepala Dishub Muratara, Al Azhar mengatakan kebijakan ini mereka lakukan semata-mata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Muratara. Selama ini dari Dishub hanya ada satu sumber PAD, yakni dari sektor retribusi parkir.

Al Azhar menjelaskan kewajiban melakukan uji KIR telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 133 Tahun 2015.

Menindaklanjuti aturan tersebut, Dishub Muratara masih menyusun konsep untuk membuat surat edaran Bupati Muratara, terkait instruksi wajib uji KIR tersebut.

“Peraturan sudah jelas, untuk Surat Edaran (SE) masih kita siapkan,” jelas Al Azhar.

Jika SE sudah dibuat dan disampaikan, uji KIR wajib dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Kendaraan yang diwajibkan uji KIR tersebut seperti mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, kereta gandengan dan kereta tempelan (trailer). Setiap 6 bulan sekali, kendaraan-kendaraan yang dimaksud wajib uji KIR.

“Kalau kita sudah keluarkan edaran masih dilanggar, maka akan kita tindak, sanksinya kena tilang karena kedepan kita akan kerja sama dengan pihak kepolisian,” tegasnya.

Pendapatan dari uji KIR kendaraan dilanjutkan Al Azhar akan masuk ke kas daerah. Untuk kendaraan yang bernomor polisi luar daerah namun beraktivitas di Kabupaten Muratara, tetap diminta uji KIR di Kantor Dishub Muratara.

“Kami sudah mengimbau mereka agar memindahkan KIR mereka ke Muratara, supaya dapat meningkatkan PAD kita,” tegasnya Al Azhar kembali.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita