oleh

Dishub Usul Terminal Tipe A Dimanfaatkan

LINGGAU POS ONLINE – Terminal Tipe A yang berada di Jalan Jenderal Sultan Mahmud Badaruddin II, Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II hingga saat ini terbengkalai. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Lubuklinggau, sudah mengajukan ke Kementerian Perhubungan RI agar Terminal Tipe A segera dimanfaatkan.

Kepala Dishub Kota Lubuklinggau, H Abu Ja’at kepada wartawan, Kamis (5/9) menjelaskan jika Terminal Tipe A dimanfaatkan maka akan banyak manfaatnya bagi pemerintah dan masyarakat Kota Lubuklinggau.

“Terlepas itu siapa yang mengelolanya, baik itu langsung dari Kementerian Perhubungan RI atau Pemkot Lubuklinggau sebaiknya harus dimanfaatkan, jangan terbengkalai seperti saat ini,” ungkap Abu Ja’at.

Diakui Abu Ja’at, sempat ada wacana dari Kementerian Perhubungan RI akan mengoperasikan kembali Terminal Tipe A namun ia belum mendapat waktu pastinya.

“Akan dimanfaatkan, semoga secepatnya,” harap Abu Ja’at.

Untuk diketahui, saat ini Terminal Tipe A dikelola Kemenhub RI, Terminal Tipe B tepatnya di Kelurahan Petanang dikelola Dishub Provinsi Sumsel, sedangkan Dishub Kota Lubuklinggau hanya mengelola Terminal Tipe C. Diantaranya, Terminal Watas, Terminal Kalimantan, Terminal Atas, dan Terminal Satelit.

Namun Terminal Tipe A saat ini terbengkalai, bahkan kerap dimanfaatkan sekelompok remaja sebagai arena balap liar. Tidak hanya itu, beberapa ruangan dimanfaatkan anak jalanan, gelandangan dan pengemis sebagai tempat tinggal sementara.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya mengatakan Pemkot Lubuklinggau harus aktif, dan akan dibantu legislatif agar Terminal Tipe A tersebut segera dimanfaatkan.

“Kalau kita kejar terus ke pusat untuk dimanfaatkan, mungkin secepatnya bakal difungsikan sebagaimana mestinya. Legislatif akan selalu dukung itu dan kita juga tengah berupaya,” ungkap Rodi Wijaya.

Laporan Peny Anggraini

Rekomendasi Berita