oleh

Diselenggarakan Secara Demokratis Layaknya Pemilu

Warga SMPN Selangit Pilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri Selangit Kabupaten Musi Rawas digelar layaknya pemilihan umum (pemilu), Jumat (5/10). Seperti apa prosesnya?

Laporan Qori Musdhalifah, Selangit

AGENDA tersebut sudah menjadi kegiatan tahunan SMPN Selangit, yang tidak hanya melibat siswa-siswi. Tetapi juga seluruh dewan guru dan staf sekolah. Dan Jumat kemarin, terdapat tiga pasang kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS baru. Kandidat Nomor 1 Selfi dan Fina, Nomor 2 Nadia dan Dandi dan Nomor 3 Rice dan Candra.

Layaknya Pemilu, masing-masing pasang calon kandidat juga diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi dalam memajukan SMPN Selangit kedepannya. Dan tidak hanya itu saja, proses pemilu ini pun dirancang semirip mungkin dengan Pemilu yang diadakan di Indonesia. Lengkap dengan kertas pemilihan, ruang pemilihan, kotak suara dan petugas TPS. Sebelum pemilihan calon kandidat juga melakukan kampanye.

Setelah pemilihan digelar dan hasil penghitungan suara dilakukan, pasangan nomor urut 3 yakni Rice Marsela dan Candra Saputra memenangkan pemilu OSIS SMPN Selangit dengan meraih suara terbanyak yakni 217 dari 358 suara yang masuk. Dan ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMPN Selangit periode 2018/2019.

Kepada Linggau Pos, Kepala SMPN Selangit, Sudarmanto didampingi Pembina OSIS, Sulpi mengatakan Pemilu OSIS SMPN Selangit ini merupakan cara para siswa belajar dan praktik langsung mengenai demokrasi langsung untuk memilih ketua OSIS yang dipilih berdasarkan hati nurani serta visi misi yang jelas untuk kemajuan SMPN Selangit.

“Semoga dengan Pemilu OSIS ini siswa dapat merasakan suasana Pemilu yang demokratis sejak dini dan selamat kepada para kandidat yang terpilih, semoga dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan benar-benar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai visi mini untuk kemajuan SMPN Selangit kedepannya,” ungkapnya.

Sudarmanto juga mengatakan kegiatan ini juga sangat penting untuk memberi pengetahuan kepada siswa siswinya sebelum memasuki alam demokrasi yang lebih besar, misalnya pemilihan presiden yang akan kita laksanakan pada tahun 2019 ini.

Siswa-siswi SMPN Selangit pun semangat dan merasa senang dengan adanya kegiatan seperti itu. Karena hal ini menjadi pengalaman pertama mereka dalam memilih calon pemimpin, walau hanya sebatas ketua OSIS. (*)

Rekomendasi Berita