oleh

Disdukcapil Terbitkan 800 KIA

MUSI RAWAS – Sebanyak 800 lembar Kartu Identitas Anak (KIA) diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Hal itu dipastikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Y Mori melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Administrasi Kependudukan, Darwin kepada koran ini, Jumat (11/1).

KIA itu diterbitkan mulai dari anak PAUD, TK, SD, dan SMP, dengan batas usia 0-17 tahun. Dan blangko KIA disiapkan sebanyak 20 ribu, sedangkan KIA sebelumnya disosialisasikan ke masyarakat termasuk ke sejumlah sekolah.

Mengenai syarat pembuatan KIA, yakni Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK). KIA merupakan tanda pengenal atau bukti diri yang sah, dan bisa digunakan ketika bepergian dengan menggunakan pesawat terbang dan kereta api sebagai tanda pengenal.

“KIA ini diterbitkan sejak 2018 lalu, dan sesuai rencana di 2019 ini telah digulirkan pelayanan administrasi penerbitan KIA,” kata Darwin.

Menurutnya, dari jumlah KIA yang ada itu semuanya sudah dibagikan ke masyarakat. Melalui Camat dan Kades yang ada di Kabupaten Mura.

“Kita mengimbau agar para orang tua untuk membuat KIA, demi kepentingan dari mereka masing-masing,” imbaunya. (dlt)

Rekomendasi Berita