oleh

Disdukcapil Siapkan 9.000 Blangko KTP-El

Kantor ‘Diserbu’ Warga

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Libur Idul Fitri 1439 Hijriah yang cukup panjang kini sudah habis masanya. Seluruh perkantoran di bidang pelayanan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) kembali ‘diserbu’ masyarakat, termasuk kantor Dinas Catatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura.

Pantauan Linggau Pos, Jumat (22/6), terlihat Aparatur Sipil Negara (ASN) saat membuka loket langsung ‘diserbu’ masyarakat yang mengantre sejak pagi. Bahkan beberapa diantara mereka ada sengaja menunggu dari pukul 06.30 WIB agar dapat dilayani lebih cepat karena berasal dari luar Kecamatan Muara Beliti.

Seperti diakui Wandi (23). Warga Desa Suro Baru, Kecamatan Muara Beliti mengaku harus menyelesaikan KTP-El hari itu juga. Alasan dikemukakan dirinya karena akan berangkat ke Batam bersama saudaranya untuk mencari pekerjaan.

Iswandi menambahkan meski ramai tapi pelayanan Disdukcapil Kabupaten Mura tetap lancar. Dan, pegawainya ramah melayani warga yang ingin berurusan.

“Iya harus selesai hari ini, karena mau kerja di Batam sama kakak sepupu. Petugas yang melayani tetap ramah dan sabar menghadapi antrean ratusan warga yang datang,” jelas Wandi, kemarin.

Wandi menyatakan jika dirinya baru pertama kalinya membuat KTP-El, karena baru tamat SMA pada tahun 2017 lalu. Dirinya menilai untuk membuat KTP-El tidak rumit seperti yang selama ini dibayangkannya.

“Ternyata prosesnya tidak lama membuat KTP-El, saya pikir rumit. Jika merantau tidak ada KTP-El nantinya menyulitkan diri sendiri karena itu daerah lain,” ucap Wandi.

Sedangkan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Y Mori mengatakan habis libur Idul Fitri memang ramai setiap tahunnya. Dikarenakan masyarakat banyak yang ingin mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Saat ini Disdukcapil memberikan pelayanan Adminduk, terdiri atas pelayanan kartu keluarga, perekaman dan penerbitan KTP-Elektronik, pelayanan pindah/datang penduduk, pelayanan akta kelahiran dan akta pencatatan sipil lainnya.

“Pelayanan Adminduk kita buka setiap hari. Bahkan hari Sabtu tetap buka mulai pukul 08.00-13.00 WIB guna untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menyukseskan Pilkada serentak mendatang,” ungkap Y Mori.

Ditambahkan Y Mori, realisasi perekaman KTP-El hingga Mei 2018 saat ini dengan wajib KTP-El sebanyak 299.775 orang. Kemudian sudah melakukan perekaman 277.717 orang.

“Sementara warga yang belum melakukan perekaman 22.058 orang. Sedangkan yang belum cetak 12.561 orang. Soal blangko KTP-El kita siapkan sebanyak 9.000 blangko yang siap digunakan,” tegas Mori. (04)

Rekomendasi Berita