oleh

Disdukcapil Musnahkan 29.967 KTP-El

MURATARA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) memusnahkan 29.967 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) di halaman Disdukcapil, Senin (17/12).

Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut dilakukan oleh Kepala Disdukcapil Muratara, Syahfaz yang disaksikan pihak Kepolisian, Sat Pol PP, Kesbagpol, KPU dan Panwaslu.

Kepala Disdukcapil Muratara, Syahfaz mengatakan KTP elektronik yang dimusnahkan tersebut mengalami kerusakan, invalid dan masa berlakunya sudah berakhir.

“KTP yang dibakar selain sudah ada yang rusak juga banyak KTP dari perubahan pemekaran dari Musi Rawas ke Muratara,” ujar Syahfaz.

Pemusnahan KTP dilakukan berdasarkan surat edaran menteri 13 Desember 2018 lalu, tentang penatausahaan KTP-El rusak atau invalid.

Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari adanya oknum yang menyalahgunakan KTP yang rusak atau invalid.

“Pada pemusnahan beberapa tahun lalu, dilakukan dengan cara digunting. Namun kali ini, dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar berdasar surat edaran menteri,” katanya.

Sementara itu menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Muratara, Munawir mengatakan pemusnahan KTP tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi Pemilu 2019.

Menurutnya, meski KTP sudah tidak bisa dipakai, namun fisiknya tetap harus dimusnahkan untuk menjamin akurasi data pemilih.

“Harus dimusnahkan supaya lebih tertib juga. Kita harus menjaga kondisi kondusif menjelang Pemilu. Jangan sampai ada yang tercecer, kemudian dimanfaatkan oleh oknum,” katanya.(cw3)

Rekomendasi Berita