oleh

Disdukcapil Belum Layani KIA

MURATARA – Beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah bisa melayani pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Namun berbeda dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Sampai saat ini belum bisa melayani pembuatan KIA dikarenakan belum mendapatkan instruksi dari kementerian. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil, Zafaz melalui Kabid Capil, Misra Jaya, Rabu (9/1).

Dijelaskannya secara regulasi tahun ini KIA sudah harus dimulai dan bahkan pihaknya sudah menganggarkan. Akan tetapi yang menjadi kendala pihaknya selain belum mendapatkan instruksi dari kementerian dan alat untuk cetak KIA itu belum ada.

“Memang seharusnya tahun ini, pelayanan cetak KIA sudah diterapkan. Namun dikarenakan sarana dan prasarana yang belum mendukung serta belum mendapat instruksi dari kementerian,” jelas Misra.

Lebih lanjut, Misra menjelaskan bahwa untuk bisa melayani cetak KIA itu pihaknya terlebih dahulu harus memenuhi target cakupan pelayanan akta kelahiran 75 persen.

“Kita belum mencapai target dalam pelayanan cetak akta kelahiran dan baru tercapai 69,40 persen. Sedangkan target 75 persen artinya masih kurang sekitar 10 persen lagi,” katanya.

Misra optimis, walaupun sarana dan prasarana belum lengkap dan termasuk blangko juga belum ada. Apabila mendapat instruksi dari pusat, pihaknya tahun ini bisa melayani KIA.

“Apabila mendapat instruksi bisa melakukan pelayanan KIA tahun ini,” ungkapnya.(cw3)

Rekomendasi Berita