oleh

Disdik Verifikasi Penerima KIP

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Keluhan masyarakat terkait penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) diduga masih kategori mampu, direspon. Terbukti pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empat Lawang akan memanggil operator sekolah untuk diminta keterangan.

“Nanti seluruh operator sekolah akan kita panggil untuk menindak lanjuti keluhan masyarakat. Mungkin nanti akan kita kumpulkan per kecamatan,” ujar Plt Kadisdikbud Empat Lawang, Gatmir kepada Harian Empat Lawang, Rabu (22/11) di ruang kerjanya.

Saat mendapatkan informasi ada penerima KIP yang masuk kategori mampu, Gatmir mengaku geram, kenapa hal tersebut dapat terjadi. Seharusnya pihaknya sekolah harus memverifikasi ulang setiap penerima KIP.

“Penerima KIP itu harus diverifikasi setiap tahun atau enam bulan sekali. Jangan sampai ada siswa yang memang benar-benar tidak mampu, malah tidak mendapatkan KIP,” tegasnya.

Oleh karena itu, kata Gatmir, seluruh operator sekolah nantinya akan dipanggil dan dimintai data penerima KIP.

“Nanti akan kita tanyakan dengan operator sekolah, penerima KIP itu sudah berapa lama dapat, lalu saat ini perekonomian orang tuanya seperti apa,” ucapnya.

Gatmir menjelaskan, kenapa penerima KIP itu harus benar-benar tepat sasaran, sebab dari Program Indonesia Pintar (PIP) itu dapat menekan angka putus sekolah, dan menyelamatkan siswa yang terancam putus sekolah karena faktor ekonomi.

“Setiap sekolah harus bekerja secara profesional. Hal seperti ini harus menjadi catatan khusus. Sebab saat saya masih menjadi guru dulu, untuk penerima bantuan seperti KIP ini pasti saya panggil dan tanyakan terlebih dahulu dengan siswa bersangkutan. Apakah benar-benar tidak mampu, atau hanya ingin mendapatkan bantuan saja,” ungkapnya.

Dia menegaskan, jangan ada istilah titipan untuk penerima KIP atau dana bantuan lainnya.

“Bantuan apa saja jangan ada istilah titipan dari siapa pun. Apabila siswa itu layak mendapatkan bantuan, berikan bantuan itu. Seluruh bantuan harus tepat sasaran,” imbuhnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita