oleh

Disdik Siapkan 200 Komputer

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Tahun Ajaran 2017/2018 ini, dari 23 SMP di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), empat diantaranya optimis bisa mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Yaitu, SMPN Maur, SMPN Sungai Jauh, SMPN Surulangun dan SMP Bumi Makmur.

“Kami bersyukur, mereka sudah berani untuk menyelenggarakan UNBK. Oleh karena itu, tahun ajaran 2018/2019 mendatang, Disdik Muratara menyiapkan 200 unit komputer, yang akan diserahkan kepada sekolah-sekolah yang sudah UNBK ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Abdul Rahman Wahid, kepada Linggau Pos, Senin (22/1).

Memang, kata Abdul Rahman, yang diutamakan adalah sekolah yang telah menyelenggarakan UNBK. Namun tidak menutup kemungkinan, ada sekolah lain juga yang akan dapat bantuan.

“Namun intinya kami siapkan 200 komputer. Ini nanti, per sekolah akan diberi maksimal 30 komputer. Harapan kami, dengan bantuan ini, tahun 2019 mendatang sekolah yang menyelenggarakan UNBK mandiri juga bertambah,” tuturnya.

Mendengar itu, Pengamat Pendidikan Prof. DR Jalaluddin mengapresiasi apa yang diupayakan Disdik Muratara.

“Menurutnya memang tidak sepenuhnya sekolah itu mengandalkan pengadaan komputer dari pemerintah. Namun ketika pemerintah mampu, ya dibantu. Karena era kekinian, anak-anak memang harus sudah dikenalkan dengan teknis yang bijak menggunakan hasil kecanggihan teknologi,” paparnya.

Meski begitu, kata Jalaluddin, tidak menutup ‘pintu’ bagi komite dan orang tua yang ingin membantu secara sukarela untuk meningkatkan fasilitas sekolah.

“Jadi orang tua yang mampu juga bisa membantu. Jangan mengandalkan pemerintah saja. Asal membantunya itu tidak mengikat. Maksudnya dana yang dikelola komite sekolah, bisa dipertanggung jawabkan secara transparan,” pesannya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita