oleh

Disdik Muratara Fokus Penguatan PPK

MURATARA – Penguatan karakter menjadi salah satu program prioritas Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Dengan mengimplementasikan penguatan karakter penerus bangsa melalui gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Muratara, H Sukamto, Selasa (3/9). PPK ini penting dilakukan, sebagai pondasi dan ruh utama pendidikan.

Menurutnya, tak hanya olah pikir (literasi), PPK mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik), dan juga olah raga (kinestetik). Keempat dimensi pendidikan ini hendaknya dapat dilakukan secara menyeluruh dan serentak.

Menurutnya, terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK.

Antara lain, religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan.

“Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi,” tutur Sukamto.

Menurutnya, nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Sementara untuk nilai karakter nasionalis ditunjukkan melalui sikap apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama.

Lalu bagaimana dengan nilai karakter integritas?

“Kalau karakter integritas meliputi sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran,” jelasnya.

Lalu, salah satu pengembangan nilai karakter PPK yang penting dikembangkan itu mandiri. Sehingga siswa memiliki etos kerja yang baik, tangguh, berdaya juang, profesional, kreatif, keberanian, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Hal penting lainnya, nilai karakter gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama.

Laporan Sulis

Rekomendasi Berita