oleh

Disdik Mura Sukses Adakan Diklat Penguatan Pengawas

PENDIDIKAN dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Pengawas Sekolah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Bekerja Sama Dengan Dinas Pendidikan Musi Rawas (Mura) Tahun 2017, sukses diadakan. Tepatnya di Hotel Hakmaz Taba, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, pada 20-26 November 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Musi Rawas, H Sukamto diwakili Sekretaris, Irwan Evendi.

Kabid GTK Disdik Musi Rawas, Totok Sunarto, Senin (20/11) menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk me-refresh kembali kompetensi 43 pengawas satuan pendidikan dan pengawas mata pelajaran di Kabupaten Musi Rawas.

Oleh karena itu, lanjutnya, dihadirkanlah narasumber-narasumber handal. Seperti DR Herpratiwi dari Universitas Lampung (Unila) menyampaikan materi tentang Pengembangan Profesi, Endang Rahayu Pengawas Boyolali yang menyampaikan tentang Pengawasan Managerial dan Sukisno (Pengawas Satuan Pendidikan asal Yogyakarta) dengan materi Pengelolaan Tugas Pokok dan Etika Pengawas Sekolah.

Selain itu, lanjut Totok, didampingi Panitia Pelaksana Rosa, mereka juga menghadirkan Kasid (instruktur,red) yang menyampaikan materi tentang Evaluasi Pendidikan, DR Inti Murdaningarso menyampaikan tentang Pengawasan Akademik, Dra Yulia Sriprihartini menyampaikan tentang PPKPNS guru dan tenaga kependidikan, serta Iceu Rusdiana yang menjelaskan banyak hal mengenai Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah.

Saat pembukaan, Sekretaris Disdik Musi Rawas Irwan Evendi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurutnya, baik kepala sekolah, tata usaha, siswa, guru maupun pengawas sama pentingnya untuk bergerak bersama, meningkatkan kompetensi sehingga mendorong percepatan terwujudnya Mura Sempurna Cerdas.

Dengan kompetensi yang mumpuni dari lima unsur pendidikan tadi, ia optimis itu bisa menjadi modal untuk melahirkan generasi yang cerdas pikiran, sehat badan dan kuat karakternya.

Ia berharap dengan terlaksananya Diklat tersebut, semakin memantapkan kemampuan pengawas dalam menunaikan tugasnya. Karena fungsi pengawas itu, menjamin agar proses pendidikan berlangsung di atas peraturan yang ada. Oleh karena itu, Kabupaten Musi Rawas sangat membutuhkan pengawas satuan pendidikan dan mata pelajaran yang profesional. Yakni mampu membimbing, dan memberdayakan semua unsur untuk menyiapkan ‘lahan’ (Sekolah, pendidikan keluarga dan masyarakat) untuk tumbuh kembang anak yang lebih baik.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita