oleh

Dirikan Unsri di Empat Lawang

H Joncik Muhammad
“Mengenai fakultas itu bebas namun yang lebih utama yaitu bidang kedokteran dan pertanian. Kalau sudah selesai nanti berkewajiban untuk kembali untuk memajukan Empat Lawang ini…”

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang nampaknya sangat serius untuk memajukan “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati”. Khususnya bidang pendidikan dan kesehatan.
Keseriusan Pemkab Empat Lawang tersebut terbukti dengan mendatangkan Rektor Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, Senin (14/1).

Bersamaan dengan itu, Pemkab Empat Lawang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Unsri, bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya di Aula Rumah Dinas Bupati Empat Lawang.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan Kabupaten Empat Lawang merupakan salah satu kabupaten yang sedang berkembang dan terus berbenah sebagai daerah otonomi baru.

Dan salah satu upaya dari Pemkab ialah dengan mendatangkan langsung rombongan dari Unsri yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor dan dekan-dekannya.

“Kami mohon bantuan terutama di bidang kedokteran agar dapat membantu keseharian masyarakat Kabupaten Empat Lawang,” katanya

Dalam waktu lima tahun ke depan akan berupaya untuk memberikan beasiswa kepada putra-putri Kabupaten Empat Lawang yang berprestasi untuk dikuliahkan oleh Pemkab secara gratis.

“Nanti kami ingin agar masuk Unsri itu dipermudah dan kami akan menyaring anak-anak yang pintar dan cerdas agar kuliah di Unsri. Mengenai fakultas itu bebas namun yang lebih utama yaitu bidang kedokteran dan pertanian. Kalau sudah selesai nanti berkewajiban untuk kembali untuk memajukan Empat Lawang ini,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unsri Anis Saggaf mengaku siap membuka pintu Unsri untuk menerima putra-putri terbaik Kabupaten Empat Lawang untuk kuliah di universitas terbaik di Sumsel.

“Saya sengaja membawa rombongan agar Pemkab Empat Lawang bisa membahas secara langsung dengan dekan-dekan di setiap fakultas. Nanti kalau dekan sudah setuju saya langsung tanda tangani MoU tersebut sebagai payung hukum kerja sama antara Unsri dan Pemkab Empat Lawang,” tutur Anis.

Unsri saat ini sedang memperjuangkan Surat Kerja (SK) untuk membuat kampus di Kabupaten Empat Lawang.

“Selagi niat untuk mencari ilmu itu masih ada, maka tidak akan sulit, kami saat ini berencana untuk membuat Unsri Cabang Empat Lawang agar bisa kuliah di sini tinggal pihak Unsri yang monitoring,” imbuhnya. (key)

Rekomendasi Berita