oleh

Dipinjam Secara Resmi

KEPALA Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mura, Irwan Evendi menjelaskan tiga unit bus sekolah yang digunakan kelompok pengajian Desa K Kalibening secara resmi dipinjamkan sesuai prosedur. Peminjaman bus diajukan oleh Kades K Kalibening kepada Disdik Mura.

“Lalu kami keluarkan surat rekomendasinya 8 Januari 2019 lalu. Ditandatangani sesuai ketentuan di atas meterai,” tutur Kepala Disdik Kabupaten Mura, Irwan Evendi tadi malam.

Diakui Irwan, bus sekolah tersebut mulai beroperasi sejak tahun 2017. Bahkan sejak awal beroperasi dikemudikan sopir inisial EZ tidak ada masalah.

“Iya, sejak awal bus ada sudah dia (EZ)yang kemudikan. Bahkan sampai Jakarta, nggak ada masalah. Jadi memang bisa dipinjam masyarakat, selain digunakan untuk antar jemput pelajar,” tegasnya.

Kalaupun rem blong, kata Irwan, pasti sudah terindikasi sejak awal bus akan berangkat. Karena setiap kali sebelum dipakai, dicek terlebih dahulu kondisi kelayakan bus.

“Saat kami pinjamkan kondisi bus memang bagus dan layak jalan. Menurut saya, memang kondisi medannya yang kelak kelok. Dan seingat saya, memang bus itu belum pernah dibawa ke arah Curup,” terang Irwan.

Menurut Irwan, tiga bus yang dibawa rombongan pengajian warga Desa K Kalibening ini biasanya untuk mengantar dan menjemput anak-anak sekolah. Bus yang mengalami kecelakaan biasa dipakai untuk mengantar jemput siswa-siswi sekitar Kecamatan Muara Kelingi.

“Jadi karena bus masih ditahan di Polres Rejang Lebong, maka anak sekolah di Muara Kelingi dengan terpaksa belum bisa menggunakannya besok. Kita berdoa semoga prosesnya lekas selesai,” jelas Irwan.

Sementara dua bus lainnya lanjut Irwan, satu digunakan untuk mengantar jemput siswa-siswi di Kecamatan Selangit dan satu bus lagi digunakan untuk antar jemput siswa sekolah di Kecamatan STL Ulu Terawas. Irwan sangat berduka atas kejadian ini. Ia berharap korban yang luka-luka bisa segera sembuh. Keluarga korban yang meninggal dunia diberi ketabahan. (lik)

Rekomendasi Berita