oleh

Dipecat Lurah, Belasan RT/RW Ngadu ke Camat

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – 18 Ketua RT/RW dari Kelurahan Beruge Ilir Kecamatan Pendopo mendatangi kantor Camat Pendopo pukul 08:30 WIB, Senin (27/11).

Belum lama ini belasan RT/RW tersebut dipecat oleh Lurah. Namun para RT dan RW ini tidak tahu dasar yang menyebabkan pemecatan itu. Sehingga, mereka mendatangi Camat Pendopo Suryadi Husen, di kantornya kemarin.

Suryadi Husen memastikan ia menengahi masalah ini. Para RT/RW ini memang sempat emosi. Namun Suryadi Husen berusaha meredamnya. Dan meminta mereka bersabar.

“Rabu (29/11) nanti, kami akan memanggil Lurah yang bersangkutan untuk menanyakan permasalahan tersebut. Namun saat ini, Lurah tersebut tidak bisa dihubungi, seluruh nomor Handphone (HP) Lurah tidak aktif,” terangnya.

Jika nanti tidak juga datang, Camat akan menyerahkan masalah ini ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A).

Dikatakannya, tuntutan belasan RT/RT yakni meminta alasan pasti atau dasar kenapa mereka diberhentikan.

“Jika memang habis masa jabatan, mereka meminta diadakan pemilihan langsung dari masyarakat. Mereka ingin ada kejelasan apa alasan mereka diberhentikan,” ujarnya.

Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang Kipli, melalui Kabid Pemdes, Ridho Oktaviano mengatakan, memang dalam mengangkat atau pun memberhentikan RT/RW itu adalah wewenang Lurah. Namun harus ada alasan pasti pemecatan tersebut.

“Memang itu wewenang Lurah, namun harus ada alasan tepat mengganti atau memecat RT/RW. Tidak hanya itu, seharusnya jika memang mereka ada kesalahan harus diberikan teguran secara tertulis dan lisan terlebih dahulu, itu pun harus ada bukti kesalahan,” ungkapnya.

Ridho meminta kepada pihak kecamatan, agar memanggil lurah yang bersangkutan.

“Lurahnya dipanggil terlebih dahulu, apa alasannya,” imbuhnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita