oleh

Dinsos Muratara Data Penderita Bibir Sumbing

LINGGAU POS ONLINE – Rumah Sakit (RS) AR Bunda bersama dengan Polres Lubuklinggau, melaksanakan kegiatan Operasi Gratis Bibir Sumbing. Kesempatan tersebut digunakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) untuk membantu penderita Bibir Sumbing di Muratara.

Sejak Jumat petugas Rehabilitas Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muratara mendatangi beberapa Desa di Kabupaten Muratara, untuk mendata penderita bibir sumbing.

Dari hasil pendataan Kepala Dinsos Muratara, Zainal Arifin Daud melalui Sekretaris, Huzairin mengungkapkan di Kecamatan Ulu Rawas terdata ada tujuh penderita bibir sumbing. Semuanya, telah ia daftarkan ke pihak RS AR Bunda.

“Seharusnya delapan orang yang terdata, tetapi satunya lagi tidak bersedia dioperasi,” ungkap Huzairin, Selasa (10/9).

“Banyak masyarakat desa tidak mengetahui adanya kegiatan operasi bibir sumbing secara gratis, maka dengan itu kita laksanakan pendataan ke lapangan,” ujar Kepala Dinsos Muratara, Zainal Arifin Daud melalui Sekretaris, Huzairin, Selasa (10/9)

Pendataan dilanjutkan Huzairin, akan dilakukan sampai jadwal pelaksanaan operasi 5 Oktober mendatang.

“Saat ini baru satu kecamatan, kedepan kita akan data di kecamatan lainnya. Mengingat kegiatan tersebut tidak dibatasi kuotanya, jadi kita data sebanyak-banyaknya,” jelas Huzairin.

Sayangnya ia menambahkan, tidak semua yang terdata dan didaftarkan bisa di operasi. Pasalnya, pihak AR Bunda melakukan seleksi bagi pendaftar, dan melakukan operasi bagi yang memenuhi syarat.

Namun di terusnya, hasil pendataan tidak semuanya akan dilakukan operasi, hal tersebut dikarenakan RS AR Bunda akan melakukan seleksi bagi pendaftaran, dan melakukan operasi bagi yang memenuhi syarat.

Selain data dari Dinsos, berdasarkan informasi yang mereka dapat di AR Bunda sudah terdaftar sebanyak 25 orang warga Muratara lainnya, yang mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita