oleh

Dinkes Galakkan Gerakan Hidup Sehat

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Mekar Jaya Kecamatan BTS Ulu. Kegiatan tersebut upaya pemerintah dalam mempercepat dan mensinergikan akses pelayanan kesehatan masyarakat.

Beberapa pelayanan yang diselenggarakan Dinkes tersebut adalah pelayanan kesehatan usia produktif dan Lanjut Usia (Lansia). Kemudian imunisasi vaksin Measles Rubella (MR) dan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Penyakit Kaki Gajah.

Kepala Dinkes Kabupaten Mura, Hj Milpta Hulummi melalui Sekretaris, M Nizar menjelaskan, dalam pelayanan tersebut pihaknya melayani masyarakat sebanyak 413 jiwa atau 122 Kepala Keluarga (KK), skrining pelayanan kesehatan sebanyak 83 orang dan terdeteksi hipertensi sebanyak 11 orang. Kemudian, diabetes melitus 1 orang, dan gangguan jiwa sebanyak 3 orang.

Selanjutnya imunisasi MR sebanyak 31 anak-anak, pemberian obat pencegahan massal filariasis sebanyak 70 orang dan akseptor baru KB dengan implan sebanyak 3 orang serta suntikan 2 orang.

Nizar mengajak masyarakat untuk melaksanakan GERMAS itu di setiap momen dalam kehidupan dengan konsisten.

“Germas diawali dengan kepatuhan untuk memeriksakan kesehatan diri dan keluarga secara teratur di Puskesmas atau setiap bulan kegiatan GMSS,” kata Nizar kepada koran ini, Kamis (11/10).

Menurut Nizar, masyarakat harus melaksanakan gotong royong kebersihan lingkungan atau Jumat Bersih, menu makanan gizi yang berimbang, perbanyak sayur dan buah, aktivitas fisik yang teratur, mencegah kondisi yang menimbulkan stres, dan tidak merokok maupun narkoba.

Sekretaris Desa (Sekdes) Mekar Jaya, Agus mengucapkan terima kasih kepada Dinkes Mura yang telah melakukan pelayanan di Desanya. Sehingga masyarakatnya dapat melakukan pengobatan.

Tahun ini pihaknya melalui Dana Desa (DD) telah membangun jamban sebanyak 20 rumah dan sisanya masih ada 24 rumah lagi yang belum mempunyai jamban.

“Dalam rangka menggerakkan dan pemberdayaan masyarakat untuk membangun Jamban sehat, maka kita selaluh usahakan agar semuanya dapat memiliki jamban sendiri,” tegas pria tinggi ini. (dlt)

Rekomendasi Berita