oleh

Dinilai Sebar Kebencian, Alung Didemo

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Sehubungan dengan adanya ujaran kebencian melalui jejaring sosial Facebook yang diposting oleh pemilik akun bernama Radius alias Alung beberapa hari lalu, Jumat (23/3) gabungan sekelompok LSM Lahat langsung merespon dengan mengadakan aksi di depan Toko Bintang Selatan di Jalan Mayor Ruslan Pasar Baru, Kota Lahat, yang sekaligus tempat kediaman terduga Alung.

Terkait masalah tersebut, massa berkumpul sambil menyampaikan orasinya. Mulai dari meminta kepada pihak kepolisian, agar Radius terduga pelaku ujaran kebencian tersebut untuk diusut sampai tuntas hingga ke proses hukumnya.

“Kami minta, agar pihak kepolisian mengusut dengan tuntas pelaku ujaran kebencian tersebut”, ujar Dodo Arman selaku koordinator lapangan dalam aksi tersebut.

Aksi tersebut berlangsung selama 30 menit dan sempat membuat arus lalu lintas sedikit terganggu, karena adanya aksi massa dan ramainya pihak kepolisian.

Sementara itu, Kapolres Lahat melalui Kabag Ops Polres Lahat, Kompol Jossy yang menjelaskan bahwa, yang bersangkutan telah diamankan oleh pihak Polres Lahat

“Bersangkutan sudah kita amankan, tunggu saja nanti perkembangan. Kalau kasusnya dinaikkan. Imbauan untuk masyarakat, jangan terpancing dan memperkeruh suasana politik, biarkanlah polisi bekerja,” terangnya.

Setelah mendapatkan penjelasan dari pihak kepolisian tersebut, massa akhirnya membubarkan diri dan melanjutkan aksinya ke Polres Lahat.

Sekedar informasi, bahwa Radius alias Alung yang diduga telah berujar kebencian tersebut, sudah diamankan oleh pihak Polres Lahat pada Kamis kemarin. Pemanggilan dan penahanan terhadap Alung itu dilakukan, setelah adanya laporan dari masyarakat tentang ujaran kebencian dan penistaan agama di Medsos yang diposting Alung sebagai pemilik akun. Jika hal ini memang terjadi, maka Alung sudah jelas dapat dijerat dengan UU tentang Informasi Transaksi Elektronik. (14).

Rekomendasi Berita