oleh

Dinas Perpustakaan Adakan Pelatihan

MURATARA – Setelah liburan akhir tahun, pelatihan komputer diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Rawas Utara (Muratara) kembali dimulai.

Program pelatihan komputer tersebut, yakni disain grafis dan perkantoran. Pelatihan ini bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan terutama meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Muratara.

“Pelatihan ini dilaksanakan satu pertemuan dalam satu minggu, satu pertemuan di pagi hari untuk kelompok umum dan pertemuan siang untuk kelompok anak sekolah,” jelas Hj Herawati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muratara.

Ditambahkannya, peserta dari umum meliputi perwakilan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Muratara.

Ditambahkan Kabid Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muratara, Jamiludin saat ditemui di ruangannya, Selasa (8/1).

Kabid menambahkan sampai saat ini pihaknya telah selesai pelatihan dua angkatan. Angkatan pertama dan angkatan kedua, sedangkan angkatan ketiga sedang berlangsung pelatihan yang baru mulai kembali setelah libur akhir tahun.

“Kami telah memiliki 80 alumni dalam pelatihan komputer ini, dengan rincian angkatan pertama dan kedua, masing-masing 40 orang. Ada angkatan dari jalur umum dan ada angkatan dari jalur pendidikan (pelajar),” tambah Kabid.

Kabid meneruskan saat ini pihaknya hanya memiliki 10 komputer. Ada rencana untuk menambah komputer tetapi karena keterbatasan ruangan, membuat pihaknya sampai saat ini belum bisa menambahkan komputer.

“Kami belum memiliki ruangan yang memadai untuk penambahan komputer, kita manfaatkan aja dulu dengan komputer yang ada ini,” terusnya.

Selain untuk umum dan kelompok sekolah, kedepannya akan diadakan program kelas untuk para guru. Yakni kelas literarasi dan kelas speaking english, dari semua kegiatan tersebut tidak akan dipungut biaya, hanya dengan menggunakan KTP dalam pendaftaran.

“Baru dalam rencana akan menambahkan kelas baru untuk para guru, dan kita usahakan secepatnya akan terealisasi,” tutup Kabid. (cw3)

Rekomendasi Berita