oleh

Diminta Koordinasi Dengan PLN

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Khawatir memutuskan kabel jaringan listrik, masyarakat diminta berkoordinasi dengan pihak PLN Rayon Muara Beliti. Khususnya saat akan memangkas pohon di dekat jaringan listrik.

Manager PLN Rayon Muara Beliti, Rizal menyampaikan, untuk kehandalan listrik maka pohon yang ada di dekat jaringan harus dipangkas. Sebab jika sedang angin, maka pohon akan menyentuh kabel jaringan sehingga listrik padam.

“Warga yang tahu di mana saja pohon akan dipangkas. Sebaiknya warga berkoordinasi dengan PLN terlebih dahulu untuk lakukan pemangkasan pohon tersebut,” kata Rizal Jumat (30/3).

Rizal berharap agar tanaman tumbuh dekat jaringan listrik ditebang. Dan jika hendak mau ditebang, maka masyarakat diminta melakukan koordinasi. Agar pihaknya dapat memadamkan arus listrik di wilayah tersebut.

“Kalau tidak dipadamkan, maka membahayakan, dapat menyebabkan kecelakaan, bahkan bisa memakan nyawa,” ungkap Rizal

Menurut Rizal, jika listrik tidak dipadamkan saat memangkas atau merobohkan pohon, dikhawatirkan akan membahayakan nyawa dan memutuskan kabel listrik.

“Kalau ternyata mereka melakukan pampas atau tebang mengenai kabel yang bertegangan, maka akan terjadi korsleting atau short circuit akhirnya listrik padam,” paparnya.

Ditambahnya, salah satu penyebab utama listrik sering padam, kotornya jaringan oleh tanaman tumbuh.

“Kendala di lapangan, petugas sering kewalahan ketika hendak memangkas pohon di dekat jaringan. Karena pemiliknya kerap tidak memperkenankan pohonnya dipangkas,” jelas Rizal.(04)

Rekomendasi Berita