oleh

Dilarang Konsumsi Air Sungai Musi

DLHD Ambil Sampel

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Dugaan tercemarnya air Sungai Musi dengan belerang dari Gunung Dempo, ditindaklanjuti. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) telah mengambil sampel air Sungai Musi untuk diperiksa.

“DLHD sudah mengambil sampel air Sungai Musi untuk memastikan kelayakan air untuk dikonsumsi. Nanti sampel air Sungai Musi kita kirim ke Kota Palembang,” ungkap Kepala DLHD Empat Lawang, Luqman Panggar Besy melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Gozali pada koran ini, Senin (13/11).

Ia menjelaskan, laboratorium DLHD Empat Lawang belum terakreditasi. Sebab itu pihaknya masih akan mengirim sampel ke Kota Palembang.

“Nanti jika hasilnya sudah keluar akan kita kasih tahu dengan masyarakat,” katanya.

Pihaknya, kata Gozali, bergerak cepat agar masyarakat tidak khawatir untuk mengonsumsi sungai Musi.

“Apakah layak atau tidak untuk dikonsumsi setelah tercemar belerang, nanti kita tunggu hasil dari kota Palembang,” ucapnya.

Untuk sementara ini, Gozali menghimbau masyarakat, jangan terlebih dahulu mengonsumsi air Sungai Musi.

“Lebih baik jangan dulu mengonsumsi air sungai Musi, kita tunggu dulu hasil dari Kota Palembang,” imbuhnya.

Sementara itu masyarakat merasa senang dengan tindakan dari Pemkab Empat Lawang yang langsung mengambil langkah mengambil sampel air Sungai Musi untuk memastikan kelayakan air sungai Musi.

“Kami berharap kalau sudah ada hasilnya nanti diberitahukan kepada warga. Sebab hampir setiap tahun sungai Musi ini tercemar belerang. Agar kami tidak khawatir,” kata Edy salah seorang warga Tebing Tinggi. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita