oleh

Dilarang Bawa Makanan Berkemasan Kaleng

Lapas Narkotika Lakukan Pengamanan Berlapis

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Lubuklinggau memberlakukan pengamanan berlapis. Baik terhadap pengunjung, maupun warga binaan.

Laporan Hendy Renaldy, Muara Beliti

PADA momen besar seperti Ramadan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah, semua pola dan sistem keamanan Lapas narkotika makin ditingkatkan. Kalapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti, Suyatna melalui KPLP, Saykoni membenarkan itu.

“Sebenarnya tidak begitu ketat (pengamanan,red). Hanya kita berlakukan kembali pengaman berlapis, mulai pintu masuk, pintu blok maupun semua areal kawasan lapas,” kata Syaikoni saat saya bincangi, Rabu (23/5).

Syaikoni menjelaskan, semua terkait pengamanan menjadi prioritas bukan difokuskan pintu masuk Lapas. Di mana, semua diberlakukan pengunjung wajib lakukan pemeriksaan ketat petugas, dengan pemberlakuan pemeriksaan beberapa pelayanan mulai dari pengecekan menggunakan ready scanner, body scanner, there scanner bersama metal detector dan hand detector.

“Walau tidak ketat tapi bagi semua tamu kita berlakukan pemeriksaan mulai dari pintu masuk, pemeriksaan terhadap semua barang titipan hingga barang yang dibawa dan dipastikan tidak diperbolehkan membawa makanan di dalam kaleng, dan botol kaca,” jelas KPLP.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bersama itu pula, secara rinci untuk sistem pengaman mengenai pola pengamanan berlapis dengan sistem tiga waktu piket bersama penambahan personel dua waktu tambahan bulan puasa Ramadan.

“Yang jelas, sistem pengaman berlapis. Kita semua ada sebanyak 60 petugas. Di mana setiap hari, ada tiga regu dengan 15 petugas. Semuanya, satu regu ada 3 petugas di depan, 3 petugas di pos, dan 3 petugas berada di blok terakhir sisanya ditempatkan post penjagaan,”katanya.(*)

Rekomendasi Berita