oleh

Diduga Jamur Kuping Kandung Narkoba

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Maraknya informasi tentang peredaran jamur Kuping mengandung narkoba membuat masyarakat terkaget.

“Ah masak, tidak tahu saya informasi itu. Saya orang Megang Sakti, tapi belum pernah mendengar ada jamur kuping mengandung narkoba,” cecar warga Megang Sakti, Yanto kepada Linggau Pos, Sabtu (9/12).

Menurut Yanto, dirinya mengetahui budidaya jamur hanya dari jenis jamur tiram saja.

“Kalau jamur tiram tahu saya, ada di F Trikoyo, tapi orangnya pintar. Sangat mendalami ilmu budidaya jamur. Jadi tidak mungkin melakukan kecurangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas, H Heryanto melalui Sekretaris, Tohirin mengatakan kalau memang benar informasi tersebut ada, maka harus segera dicek kelapangan.

“Kalau informasi tersebut ada maka harus dicek kelapangan, dan saya akan segera memonitoring. Karena, ini penting sekali kalau menyangkut makanan. Namun, memang di Musi Rawas sendiri untuk budidaya jamur kuping belum ada,” tegas Tohirin.

Karena, masyarakat hanya membudidayakan jamur tiram saja. Sehingga kebanyakan jamur kuping yang dijual oleh masyarakat didapat dari kayu-kayu di tengah hutan.

“Saya berani jamin kalau pembudidaya jamur tiram karena semuanya diawasi oleh kita. Namun, untuk jamur kuping sendiri belum. Makanya kita akan intens kelapangan nanti,”imbuhnya.

Di tempat berbeda, Kepala Disperindag Musi Rawas, H Nito Maphilindo melalui Kasi Pengawasan Peredaran Makanan, Armansyah mengatakan bahwa pihaknya belum mendengar informasi ini.

“Kita belum terima laporan, meski demikian kita akan tetap melakukan pengawasan dan segera terjun kelapangan untuk mengecek,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita