oleh

Didominasi Masalah PHK

Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Subiyanto
“Kalau tahun 2017 ada 13 laporan tenaga kerja yang kita tangani, sementara tahun 2016 ada 12 kasus. Sebagian besar kasus PHK…..”

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Sepanjang tahun 2017 ada 13 kasus yang terjadi antara karyawan dengan perusahaan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas, H Burlian melalui Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Subiyanto kepada Linggau Pos, Senin (8/1).

Menurut Subiyanto, permasalahan yang terjadi antara karyawan dengan pihak perusahaan kebanyakan tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Kalau tahun 2017 ada 13 kasus yang kita tangani, sementara tahun 2016 ada 12 kasus. Sebagian besar kasus PHK yang tidak sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” kata Subiyanto.

Menurut Subiyanto, kasus yang ditangani tersebut, seluruhnya diselesaikan di Disnakertrans Musi Rawas, tidak ada yang sampai ke pengadilan.

“Semuanya bisa diatasi di Disnakertrans, tidak ada yang sampai ke pengadilan,” tuturnya.

Penanganan kasus perusahaan harus berdasarkan laporan secara tertulis.

“Kita tidak bisa menangani kasus ketika hanya laporan secara lisan saja. Karena, kalau hanya lisan tidak bisa kita layani. Oleh karena itu, tenaga kerja yang mau melaporkan apa yang dialaminya, harus disertai bukti-bukti,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita