oleh

Dianpinsat Pramuka di Bukit Cogong Sukses

MUSI RAWAS – Galdian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) 2019 se-Kabupaten Musi Rawas (Mura) bertempat di Bukit Cogong Desa Suka Karya, Kecamatan STL Ulu Terawas sukses digelar, Minggu (28/7).

Kegiatan tersebut diakhiri dengan upacara penutupan dan pelepasan topi perkemahan yang dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Mura (Wabup) Mura sekaligus Ketua Kwarcab Mura, Hj Suwarti didampingi H Burlian.

Dalam sambutannya Wabup Mura, Suwarti menyampaikan pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal, sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai–nilai gerakan pramuka.

Seperti dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulai, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai–nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup.

“Saya juga  berpesan,  pentingnya penghayatan dan pengalaman pramuka bagi segenap anggota pramuka. Karena kegiatan perkemahan ini momentum yang tepat untuk menggelorakan semangat,” kata Suwarti.

Sehingga diharapkan, pramuka ini dapat menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, gotong royong dan bertanggung jawab, kedisiplinan, hormat kepada orang tua, suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

“Kita harapkan apa yang didapat dalam kepramukaan ini, semoga menjadi pengalaman kedepannya,” harapnya.

Sekretaris Kwarcab Mura, Edi Siswanto menjelaskan kegiatan kepramukaan ini diselenggarakan selama tiga hari. Dimulai dari 26-28 Juli 2019. Dan peserta sebanyak 158 orang dari SMA se-Kabupaten Mura.

“Selama kegiatan pramuka beberapa hari lalu, ada penyuluhan dari  Dandim 0406 MLM, dari BNN, Kesehatan, BPBD dan Bank Sumsel Babel,” kata  Edi Siswanto.

Selain itu, pada 2019 ini akan diadakan kembali kepramukaan tingkat SMP dan ditargetkan 2. 000 peserta. Kemudian, kegiatan ini juga bertujuan untuk meramaikan dan mengenalkan kembali wisata bukit cogong.

“Diharapkan kepada peserta, semoga ilmu yang didapatkan di sini dapat diterapkan di sekolah masing-masing,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita