oleh

Di Musi Rawas Terdata 1.497 Ekor Hewan Dikurbankan

LINGGAUPOS.CO.ID – Bupati Musi Rawas (Mura) H Hendra Gunawan bersama Ketua DPRD Mura Azandri, Kapolres Mura AKBP Efrannedy, Ketua TP PKK Mura Hj Noviar Marlina Gunawan beserta unsur Forkopimda Kabupaten Musi Rawas melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H berjamaah di masjid Agung Darussalam, Jumat (31/07/2020).

Dalam sambutannya, Bupati H Hendra Gunawan mengucapkan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita, terutama nikmat sehat, iman dan Islam. Meski ditengah Pandemi Covid-19 ini, kita masih diberikan kesempatan melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah, tentunya dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan.

“Di hari yang bahagia ini, saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, semoga semangat Berqurban dan kepedulian kita antar sesama terus tumbuh dan istiqomah dalam mengarungi Tatanan Baru Pasca Pandemi Covid – 19. Aamiin,” ucap Bupati.

Dijelaskannya, Idul Adha atau Hari Raya Qurban adalah momentum untuk memperbaiki hubungan kita kepada Allah juga antar sesama manusia Hablum minallah wa wablum minannas.

Hal itu tercermin dari dua peristiwa sakral yaitu Haji dan Qurban. Idul Adha bukan sekadar berqurban dengan menyembelih sapi atau kambing. Tapi bagaimana kita mampu menghilangkan sifat-sifat bahimah dalam diri kita untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT.

“Inilah harapan kita, bahwa Musi Rawas Sempurna harus selalu didasarkan pada dua prinsip utama, yaitu hablum minallah yang
istiqomah dan hablum minannas yang selalu terjaga. Untuk itu, dengan semangat berqurban
dan kepedulian antar sesama yang
akan terus kita tingkatkan, maka in syaa Allah Kabupaten Musi Rawas Sempurna akan mampu kita wujudkan dan menjadi Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur,” ucap Bupati H Hendra Gunawan.

Setelah melaksanakan shalat Idul Adha 1441 H bersama unsur Forkopimda Kabupaten Musi Rawas di Masjid Agung Darussalam, Jumat (31/07/2020), Bupati Musi Rawas (Mura) H Hendra Gunawan (H2G) menyerahkan secara simbolis hewan Qurban kepada pengurus masjid Agung Darussalam.

Diketahui, Bupati H Hendra Gunawan secara pribadi memberikan 19 Sapi yang tersebar di kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mura H Hermadi melaporkan, total hewan Qurban yang ada di Kabupaten Musi Rawas berjumlah 1.497 ekor, yang terdiri dari hewan Sapi dan Kambing.

Adapun rincian di tiap-tiap kecamatan, Kecamatan Muara Beliti 78 ekor, Muara Kelingi 132, Muara Lakitan 135, Jayaloka  46 , BTS Ulu 126, Megang Sakti 208, Purwodadi 104, Tugumulyo 333, Selangit 56, STL Ulu Terawas 93, Sumber Harta 47, Tuah Negeri 25, Sukakarya 50, TPK 64 ekor hewan qurban.

“Perbandingan data jumlah hewan Qurban dari tahun 2018 sampai 2020 di Kabupaten Musi Rawas, pada tahun 2018 berjumlah 1.007 ekor, 2019 1.139 ekor, tahun 2020 terdata 1.497 ekor hewan Qurban,” ucap Ketua PHBI H Hermadi. (*)

Rekomendasi Berita