oleh

Di Lubuklinggau Terdata 2.630 Orang yang Akan Divaksinasi Covid-19

LINGGAUPOS.CO.ID– Kepala Dinas Kesehatan Lubuklinggau, Cikwi Faris menjelaskan di Lubuklinggau ada 2.630 orang yang akan divaksinasi Covid-19. Hal ini dijelaskannya kepada linggaupos.co.id, Jumat (8/1/2020).

”Untuk tenaga kesehatan berjumlah 2.258 orang, vaksinator 82 orang, tenaga dokter 32 orang dan bidan 258 orang,” jelasnya.

Tempat pelayanannya, 16 tempat yakni di 10 puskesmas, empat rumah sakit yakni RS Siti Aisyah, RS Petanang, RS Ar Bunda Lubuklinggau, RS Siloam, RS DKT dan Klinik Polres Lubuklinggau.

Cikwi menjelaskan memang sesuai arahan dari Provinsi Sumatera Selatan yang diutamakan yakni tenaga kesehatan. Yang kedua ASN atau pelayanan publik termasuk TNI dan Polri, setelah itu baru untuk masyarakat Kota Lubuklinggau yang berumur 18 tahun hingga kurang dari umur 60 tahun.

“Untuk yang sudah terkonfimasi Covid-19 tidak boleh lagi divaksin, kemudian yang memiliki penyakit jantung, umur yang sudah diatas 60 tahun,”ungkapnya.

Lanjut Cikwi, untuk perkembangan Covid-19 di Lubuklinggau sudah mulai turun. “Doakan saja kita tidak punya kasus Covid-19, untuk vaksin Lubuklinggau tahap kedua dan tahap pertama diberikan kepada 7 Kabupaten/Kota yang lebih dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan,” katanya.

Kami menghimbau kepada masyarakat Lubuklinggau kalau memang betul nanti ada vaksin kedepan jangan takut, khawatir, setiap yang diberi vaksin itu sudah betul-betul dinyatakan sudah ada izin dari BPOM, efek sampingnya kecil, bisa melawan Covid-19 dan ini salah satu upaya kita selain dari 4M yakni memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe menjelaskan, Lubuklinggau kemungkinan akan mendapatkan vaksin tahap kedua.

“Harapan kita dari awal karena kita yang terpapar banyak maka seharusnya kita lebih dulu seperti Lubuklinggau, Palembang dan Muara Enim akan tetapi tidak tahu untuk Lubuklinggau tahap kedua vaksinasinya,” jelasnya.(*)

Rekomendasi Berita