oleh

Dewan Minta Pemkot Evaluasi Perda OPD

LINGGAU POS ONLINE, MAJAPAHIT – Anggota DPRD Kota Lubuklinggau, Hj Siti Fatimah Akis usulkan kepada eksekutif agar mengevaluasi Peraturan Daerah (Perda), tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Beberapa OPD dinilainya, perlu digabungkan.

Selain itu Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, evaluasi Perda OPD ini juga karena melihat ada beberapa tugas, pokok dan fungsi OPD yang dikhawatirkan tumpang tindih.

“Sekaligus, tentunya untuk meningkatkan kinerja OPD serta mempertimbangkan efisiensi operasional yang harus dianggarkan,” jelas Siti Fatimah.

Selain sudah ada yang harus dievaluasi untuk digabungkan, ada juga OPD yang dinilai harus dibentuk kembali. Yakni Dinas yang mengelola pajak dan retribusi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani menjelaskan mengenai evaluasi Perda tentang OPD diakuinya akan menjadi perhatian mereka. Salah satunya dengan segera berkoordinasi, dengan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Jakarta.

Pasalnya dilanjutkan Rahman Sani, dalam hal penentuan penggabungan dan pemisahan OPD, harus mengacu pada penetapan grade untuk tiap-tiap OPD.

“Pastinya, akan segera kita koordinasikan terkait usulan ini,” ungkapnya. (13)

Rekomendasi Berita