oleh

Dewan Minta ASN Tingkatkan Disiplin

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Yudi Fratama mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura untuk terus tingkatkan kedisiplinan. Terutama, usai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Karena kedisiplinan pegawai menurut politisi PDI-Perjuangan ini, akan berdampak terhadap pelayanan yang prima kepada masyarakat. Untuk itu, setiap ASN harus bertanggung jawab atas tugas yang diamanahkan kepadanya. Salah satunya, dengan disiplin.

“Ya kita berharap kedisiplinan pegawai di Mura terus meningkat, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga terus meningkat,” ungkapnya.

Inspektur Kabupaten Mura, Alexander menegaskan kalau tingkat kedisiplinan ASN untuk tahun 2018 sudah meningkat dari tahun 2017. Terbukti minimnya ASN yang dilaporkan ke Inspektorat, karena melanggar kedisiplinan pegawai.

Untuk data keseluruhan Alex mengaku belum bisa menginformasikan saat ini. Namun ia meyakini, minimnya ASN yang dilaporkan menandakan kalau tingkat kedisiplinan ASN di Mura sudah semakin bagus.

Untuk memantau kedisiplinan pegawai, terutama usai cuti bersama lebaran pihaknya sudah membentuk tim sidak yang terdiri dari inspektorat, BKPSDM dan Sat Pol PP. Tim dibagi tiga kelompok, dengan pembagian wilayah tugas di sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, di OPD dan Kecamatan.

Hasilnya akan direkapitulasi oleh BKPSDM dan dilaporkan ke Kemenpan-RB. Setelah direkap, ketika ada pegawai yang ‘nakal’ akan dilaporkan pihak BKPSDM ke Inspektorat untuk ditindaklanjuti.

“Baru kewenangan kita, untuk menelusuri apakah betul laporan tersebut atau tidak. Ketika terbutik, ya kita proses sesuai aturan yang ada di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Kedisiplinan Pegawai,” jelasnya.

Pihaknya sendiri diakuinya, rutin mengimbau kepada seluruh ASN untuk ikuti aturan. Dan seluruh Kepala OPD, terutama Sekretaris bertanggung jawab penuh mengenai kedisiplinan pegawai di instansinya. Laporkan ketika ada pegawai yang sering bolos, atau tidak disiplin.

“Kalau tidak, bisa saja dikenakan sanksi secara berjenjang,” tambahnya. (13)

Rekomendasi Berita