oleh

Desa Sempurna Sanitasi Digulirkan Tahun Depan

Jika Berhasil, Satu-satunya di Pulau Sumatera

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Tahun 2018 mendatang, sejumlah program kerja dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU CKTRP) Kabupaten Musi Rawas, siap digulirkan. Salah satu pilot project yang fenomenal bakal di-launching, berupa Desa Sempurna Sanitasi.

Lokasinya sudah ditetapkan, di Desa Napal Melintang Kecamatan Selangit. Kepala Dinas PU CKTRP Kabupaten Musi Rawas, Ristanto Wahyudi membenarkan rencana tersebut. Alasan dipilih Desa Napal Melintang, karena pihaknya memang mengutamakan desa yang berada di pinggiran.

“Di desa itu ada air yang melimpah, karena akan dibangun instalasi air bersih dengan menggunakan sistem gravitasi, hingga memudahkan pengaliran air. Di desa itu juga akan dibangun sejumlah kloset menggunakan pipa komunal,” jelas Ristanto, sapaan akrab pria ramah ini, di ruang kerjanya, Selasa (21/11).

Tak hanya itu saja, sambung Ristanto, di desa tersebut akan dibangun tempat sampah menggunakan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle), di mana akan memudahkan untuk mengelola sampah yang dibuang warga. Hingga kawasan desa tersebut menjadi lebih bersih dan indah.

Mengenai pendanaan, “Ini nantinya kolaborasi dari beberapa sumber anggaran, di mana kita juga akan ada dana desa dilibatkan. Kalau nantinya Desa Sempurna Sanitasi ini berhasil maka akan menjadi satu-satunya desa Sanitasi di Pulau Sumatera, selain di Pulau Jawa yaitu Bali dan Malang,” ungkap Ristanto yang sudah mengunjungi Desa Sempurna di Bali, hingga terkesan dengan penerapan konsep Desa Sempurna tersebut.

Selain soal Desa Sempurna, ia juga menyatakan tahun depan pilot project lainnya di setiap rumah tangga berlistrik. Pihaknya siapkan KWH gratis.

“Kami pasang KwH gratis dengan jumlah tidak banyak. Anggarannya untuk 100 rumah tangga di pedesaan. Gratis untuk warga tidak mampu, dan nanti diminta surat keterangan dari camat untuk keterangan memang benar warga miskin. Sasarannya rumah tangga yang belum dialiri listrik, dan dibagi ke beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Yang jelas untuk program ini kita akan bekerja sama dengan pihak PLN,” imbuh Ristanto optimis program ini akan berhasil jika digulirkan tahun depan. Sebab ini juga menjadi program unggulan dari pihaknya untuk masyarakat tidak mampu.

Setelah memaparkan program unggulan dinasnya, Ristanto juga menyebutkan pada tahun depan, pihaknya akan melakukan revitalisasi alun-alun Agropolitan Center.

“Kita akan membuat taman bermain untuk anak-anak, juga diatasnya nanti dibangun joglo akan dijadikan sebagai tempat untuk latihan menari. Semacam pendopoan. Dan, akan ada frestyle untuk anak-anak dan remaja, pokoknya bisa untuk kelompok umur,” imbuhnya. (01)

Komentar

Rekomendasi Berita