oleh

Desa Ngadirejo Jadi Kampung Sejahtera Mandiri

LINGGAU POS ONLINE – Desa Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas dibentuk menjadi Kampung Sejahtera Mandiri. Peresmiannya dilaksanakan Rabu (4/12/2019) oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, bersamaan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas Agus Susanto menjelaskan Pembentukan Kampung Sejahtera Mandiri dilakukan oleh Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) bersama Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas.

“Kampung Sejahtera Mandiri adalah Kampung/Desa yang mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, lembaga sosial yang aktif, tingkat parisipasi, dan keswadayaan masyarakat tinggi. Serta masyarakat miskin terlibat aktif dalam rantai produksi ekonomi,” jelas Agus Susanto.

Ia menambahkan, sebagai tindak lanjut terhadap pembentukan Kampung Sejahtera Mandiri, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Desa Ngadirejo telah membentuk Forum Masyarakat Peduli Sesama (Formalima) yang melaksanakan tugas untuk penggalangan dana sosial dan menyalurkanya kepada masyarakat yang berhak menerima.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan menyampaikan dirinya sangat bangga bisa bertemu orang hebat yakni para distabilitas yang memiliki keahlihan tersendiri meski dalam kekurangan.

“Hari adalah hari special, karena saya bisa bertatap muka langsung dengan senior saya dan orang tua kami yang sudah lanjut usia. Serta bertemu langsung dengan para distabilitas yang hadir dalam rangka memeriahkan HKSN di Desa ini,” jelasnya.

Orang nomor satu di Musi Rawas ini juga mengatakan, pihaknya di HKSN ini juga dirinya secara resmi meresmikan kampung sejahtera mandiri, kampung ini menjadi contoh bagi desa lain agar berinovasi dan menunjukkan jati diri desa tersebut yang tentunya membuat masyarakat Musi Rawas Sejatera.

“Kita berharap kampung sejatera mandiri bisa menjadi contoh bagi desa lainnya bahwa sudah saatnya kita berupaya bangkit dari keterpurukan dan harus sejahtera dan mandiri demi kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Hendra Gunawan juga menyampaikan bahwa dirinya bersama SKPD dan Kades berupaya memaksimalkan misinya yakni membawa Musi Rawas Sempurna di segala bidang demi masyarakat Musi Rawas.

Hadir dalam kegiatan ini, Karang Taruna, Persatuan Penyandang Disabiltas Indonesia, Lembaga Lansia Indonesia (LLI), SDM Program Kerja Harapan (PKH), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Sekolah Luar Biasa (SLB), tentunya dari OPD.(*)

Rekomendasi Berita