oleh

Depdagri Bakal Selesaikan Sengketa Aset

LUBUKLINGGAU – Departemen Dalam Negeri (Depdagri) RI bakal ‘turun tangan’ menyelesaikan sengketa aset, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Ini berdasarkan langkah Pemkot Lubuklinggau, menyurati Presiden RI dengan Nomor 03/38/bkd v/2018 dengan perihal permohonan penyelesaian aset Pemkab Mura dengan Pemkot Lubuklinggau.

Kemudian dibalas dan diarahkan untuk ke Depdagri RI, dengan surat Nomor B.048/M.Sesneg/0-2/HL.02.02/10/2018. BKD Kota Lubuklinggau sudah menyampaikan data atau daftar aset Pemkab Mura yang wajib diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau, lebih kurang ada 50 aset baik bentuk tanah maupun bangunan.

Informasi ini seperti disampaikan Kepala BKD Kota Lubuklinggau, Imam Senen didampingi Kabid Aset, Tarmizi Taufik kepada wartawan, Jumat (8/2).

“Sebelumnya ada juga kabupaten/kota di Pulau Jawa yang memiliki masalah serupa, dan dapat diselesaikan dengan mediasi dari Depdagri RI,” kata Tarmizi taufik.

Ditambahkan Tarmizi Taufik, kemungkinan dalam waktu dekat Depdagri RI bakal mempertemukan kedua kepala daerah. Diakui Tarmizi, masalah aset ini sudah berlarut-larut belum menemukan solusi dan dikhawatirkan menimbulkan opini buruk di masyarakat.

Tahapan penyerahan aset yaitu, dikeluarkan SK hibah, berita acara serah terima, dan dokumen asli untuk masuk ke Simda.

“Tidak ada aset atau skala prioritas, kita minta Pemkab Mura aturi saja UU yang ada terkait aset ini. Kabupaten Mura sudah memiliki wilayah sendiri urus dan optimalkan pembangunan di wilayah masing-masing, begitu juga Pemkot Lubuklinggau bisa mengoptimalkan bangunan dan tanah milik negara untuk kepentingan masyarakat,” tegas Tarmizi.(nia)

Rekomendasi Berita