oleh

Demokrat Adakan TOT Saksi

LINGGAU POS ONLINE, TABA JEMEKEH – Ketua dan Sekretaris DPC Partai Demokrat bersama anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat Kota Lubuklinggau, ikuti pembekalan pemantapan saksi se-Sematera Selatan (Sumsel). Pembekalan diselenggarakan di Palembang, Rabu (6/6) bertujuan untuk persiapan saksi Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 3, Ishak Mekki-Yudha saat pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Rabu, 27 Juni 2018.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Lubuklinggau, Taufik Siswanto mengatakan selain mempersiapkan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, saat ini seluruh pengurus DPC Partai Demokrat diinstruksikan untuk pemenangan Ishak-Yudha di daerah masing-masing. Salah satunya mempersiapkan saksi, yang nantinya akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tahap awal, Ketua, sekretaris dan anggota Fraksi Partai Demokrat dibekali oleh pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Sumsel. Selanjutnya di daerah masing-masing membentuk saksi dan koordinatornya, untuk dilakukan Training of Trainer (TOT) atau pelatihan di daerah masing-masing.

“Yang menjadi instrukturnya, kami yang sudah ikut pembekalan di Palembang,” kata Taufik kepada wartawan koran ini, Jumat (8/6).

Apa yang didapat saat pemantapan saksi dilanjutkan wakil Ketua DPRD Kota Lubuklinggau ini, akan disampaikan kembali kepada seluruh saksi, yang mengikuti TOT. Sesuai instruksi dari pengurus DPD, pelaksanaan TOT harus dilaksanakan satu minggu sebelum hari pemungutan suara.

“Untuk di Kota Lubuklinggau, akan kita laksanakan satu minggu setelah lebaran,” jelasnya.

Ia berharap saksi yang saat ini sedang mereka rekrut, bisa menerima semua arahan yang disampaikan pada saat TOT. Semua mengenai tugas dan fungsi saksi, akan dijelaskan. Mulai dari cara menghitung surat suara, menentukan surat suara sah dan tidak sah serta cara menyampaikan sanggahan ketika ada kesalahan saat penghitungan. Nantinya, mereka yang sudah dilatih bisa menjadi saksi saat pelaksanaan Pileg. (13)

Rekomendasi Berita