oleh

Demo, Warga Sukakarya Tuding PT PHML Cemari Lingkungan

LINGGAU POS ONLINE – Warga Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas, Rabu (23/10/2019) pagi melakukan aksi demontrasi di Kantor Bupati Musi Rawas. Aksi ini mereka lakukan, terkait dugaan pencemaran lingkungan Sungai Kungkung oleh PT Perkebunan Hasil Musi Lestari (PHML).

Membawa spanduk yang bertuliskan Meminta Bupati Mura Mencabut Izin PT PHML, massa menyampaikan sejumlah tuntutan,  diantaranya meminta PT PHML menyediakan air bersih. Kemudian bertanggung jawab menanggung pengobatan warga yang mengalami berbagai macam ganguan penyakit kulit imbas pencemaran lingkungan, serta memberikan konpensasi kepada masyarakat.

Angga koordinator aksi menjelaskan, persoalan ini sebelumnya sudah pernah disampaikan ke PT PHML, sehingga dilakukan mediasi dengan difasilitasi pihak kecamatan. Bahkan Dinas Lingkungan Hidup juga sudah mengambil sampel air.

Selepas menyampaikan orasi, perwakilan massa diterima oleh Asisten I Setda Musi Rawas Heriyanto  untuk untuk berdialog di Ruang Rapat Bina  Praja.

Usai rapat, Asisten I Setda Musi Rawas, menjelaskan meski sempat berjalan a lot, pertemuan tersebut diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan antara kedua belah pihak. Pihak PT PHML akan membuatkan dua unit sumur pompa beserta MCK, serta membantu kesehatan masyarakat  dan pengobatan bagi warga akan di akomodir oleh pemerintah setempat dan dinas terkait.(*)

Sumber: Silampari TV

Rekomendasi Berita